11 Pewarna Alami Ini Aman Buat Hewan Piaraan. Biar Nggak Kayak Ayam Warna-warni!

09 Juni 2018
|Chandra W.

Apakah kamu suka mewarnai rambut dengan cat warna-warni sehingga menghasilkan kilau rambut baru, mungkin ombre? Nah, tak hanya untuk manusia, pewarnaan seperti ini juga bisa diterapkan pada hewan peliharaan lho. Kalau kamu punya anjing atau kucing, barangkali ini saatnya untuk mengubah penampilan mereka agar lebih ceria dan mungkin kelak diikutkan dalam kontes kecantikan. Tapi, jangan pakai bahan kimia ya. Pilih yang alami saja, dari bahan-bahan berikut ini. 

1. Dari jamur, sayur hingga buah

Kamu bisa menggunakan asparagus, buah bit untuk warna merah/pink, blackberry untuk warna ungu/hitam, blueberry untuk warna biru/ungu, wortel untuk warna oranye dan cranberry untuk warna merah/pink. 

2. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan

Raspberry untuk warna pink, bayam untuk menghasilkan warna hijau, stroberi untuk warna merah/pink, ubi untuk warna oranye/kecokelatan dan kunyit untuk warna kuning. 

3. Caranya bagaimana?

Mudah saja, kamu tinggal memblender bahan-bahan sesuai warna yang kamu inginkan. Aplikasikan pada bulu hewan piaraanmu sedikit demi sedikit agar kamu mengerti seberapa tebal dan pengaruh warna ke bulunya. Jika sudah yakin, kamu boleh mengombinasikan bahan satu dengan yang lain. Biar ombre gitu. Misalnya kamu ingin bulu anjingmu berwarna merah-kuning-hijau seperti rastafarian, maka kamu dapat menggunakan stroberi, kunyit, dan bayam. 

4. Selain itu, kamu bisa juga menggunakan pewarna makanan

Selain menggunakan pewarna dari makanan, kamu juga bisa menggunakan pewarna makanan. Tapi, tentu saja teliti dulu kandungannya. Agar lebih aman, kamu bisa menanyakannya terlebih dahulu ke dokter hewan atau yang mengetahui hal ini. Sebab, ketahanan tubuh tiap hewan juga berbeda. Bisa jadi, satu anjing/kucing tahan jika bulunya dicat menggunakan pewarna makanan, sedangkan yang lain tidak.

Karena itu, pilihlah pewarna yang bukan hanya memberikan efek warna yang bagus untuk bulu hewan peliharaan, tetapi juga yang bikin sehat atau minimal nggak melukai. Percuma dong, berwarna-warni tapi melukai. Selalu pastikan keamanannya dulu ya dengan berkonsultasi pada dokter hewan terpercaya.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Chandra W.
"Sebaik-baik tulisan adalah yang dibaca sampai akhir."
SHARES