1000 Bintang Kertas Origami, Kerajinan Jepang yang Bisa Bikin Cintamu Abadi

26 Februari 2018
|Chandra W.
1.8 KSHARES

Ada banyak cara menyatakan cinta. Bangunin tiap pagi atau memberi hadiah pada saat istimewa?

Atau ide lain yang tak mainstream, yakni memberikan 1000 kerajinan bintang origami. Percaya nggak percaya, ada yang mengatakan bahwa memberikan 1000 kerajinan kertas berbentuk bintang atau bangau ke orang yang disayangi dipercaya dapat melanggengkan ikatan cinta berdua.

Kepercayaan akan hal ini datang dari Jepang dan Cina. Nah jumlah bintang yang diberikan juga ternyata punya arti yang berbeda-beda. Jika kamu diberi 100 atau 1000 bintang, maka kamu bisa ‘make a wish’ dan katanya sih permohonannya bakal terkabul. Tentu itu kembali ke kepercayaan masing-masing ya.

Tren memberi bintang origami ini berawal dari sebuah film Cina tahun 1980-an di mana tokoh wanitanya memberi setoples penuh bintang origami kepada tokoh lelakinya.

Berdasarkan jumlah, beginilah makna bintang origami:

1 : Kamulah satu-satunya

2: Pasangan bahagia

9: Cinta selama-selamanya

55: Aku tidak menyesal mencintaimu

99: Semoga persahabatan / cinta ini abadi selamanya

101: Kamu satu yang kucari selama ini

365/366: Semoga tahun ini penuh berkah

520: Aku cinta kamu

548: Aku tidak bisa berhenti mencintaimu

999: Endless love

1314: Cinta abadi

Bedanya, jika di Jepang pemberian itu berarti permohonan akan kesehatan dan kedamaian bagi penerimanya. Sedangkan di Cina lebih merujuk pada cinta dan keberuntungan. Selain itu di Jepang juga ada sebuah kisah di mana seorang perempuan tinggal di sebuah desa yang bintang-bintangnya menghilang dari langit. Ia dan seluruh warga desa lalu membuat 1000 origami bintang. Ajaib, setelah seribu bintang itu selesai, bintang-bintang yang sesungguhnya kembali bersinar di langit. Dongeng yang sungguh membahagiakan.

Seandainya melanggengkan ikatan cinta semudah itu, pasti nggak akan ada lagi yang  namanya patah hati karena putus cinta. Tinggal bikin origami bintang 1000, kasih ke gebetan, selesai. Tapi ini dunia nyata. Cinta harus diusahakan, bukan hanya dengan origami seribu bintang.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Chandra W.
"Sebaik-baik tulisan adalah yang dibaca sampai akhir."
1.8 KSHARES