10 Potret Kamar Tidur Anak Miskin Ini Bikin Miris, Ingin Coba Menginap?

23 April 2017
|Olphi Disya
Life
0SHARES

Jutaan anak-anak di dunia ini hidup di lingkungan yang mendukung tumbuh kembangnya. Lahir dari keluarga miskin, tanpa kesediaan makanan yang sehat, air bersih, dan sanitasi yang memadai membuat anak-anak sulit untuk bisa tumbuh dan berkembang dengan baik. Oleh karena itu, nggak heran kalau anak-anak di wilayah miskin dan peperangan sulit hidup layak sebagaimana anak-anak di negara maju. Segala keterbatasan yang menghalangi kemajuan anak-anak tersebut tentu menjadi perhatian besar organisasi PBB dan lembaga-lembaga bantuan sosial.

Hal inilah yang menggerakkan James Mollison, seorang fotografer professional asal Inggris untuk berkelana ke beberapa negara mengumpulkan foto-foto kamar tidur anak-anak dari berbagai negara. Baginya, konsep kamar tidur sangatlah emosional bagi setiap orang di dunia ini. Karena kamar tidur merupakan ruang paling personal yang dimiliki oleh setiap manusia. Tapi, setelah melihat perbedaan yang sangat jauh antara kamar tidur anak-anak di wilayah tertinggal dan di wilayah maju, James sadar bahwa banyak anak-anak yang nggak hidup dengan layak. Bahkan ada anak-anak yang tidur beralaskan tanah, dinding kamar tidur yang hanya berupa kawat, atau beratap langit.

James Mollison mengumpulkan puluhan foto dari berbagai negara, mulai dari anak-anak dengan kamar tidur yang sangat layak seperti di negara Amerika Serikat, Jepang, dan beberapa negara di Eropa hingga kamar tidur anak-anak di Nepal, Senegal dan Brasil. Kali ini Yukepo akan merangkum 10 potret kamar tidur anak-anak di wilayah miskin berikut ini.

1. Netu (11) Kathmandu, Nepal

2. Anonim (9) Pantai Gading

4. Ahkohxet (8) Amazonia, Brasil

6. Bikram (9) Melamchi, Nepal

7. Bilal (6) Wadi Abu Hindi, The West Bank

8. Douha (10) Hebron, The West Bank

9. Indira (7) Kathmandu, Nepal

10. Alex (9) Rio de Janeiro, Brazil

Itulah kesepuluh potret miris kamar tidur anak-anak dari berbagai belahan dunia. Ada yang hanya tidur di atas sofa di luar rumah, ada juga yang tidur hanya beralaskan selembar papan tipis. Kita patut bersyukur bahwa kita masih bisa tidur dengan aman dan nyaman. Apalagi bagi kamu anak kosan yang suka mengeluh, bersyukurlah bahwa masih ada orang lain yang bahkan nggak sanggup untuk mengeluh. Karena mereka tahu, mereka tak bisa mengubah banyak kehidupan mereka. Semoga anak-anak dengan kamar tidur seperti ini tetap semangat dalam menjalani hidup dan meneruskan cita-cita ya!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Olphi Disya
"Upcoming psychologist. Awesome weirdo."
0SHARES