10 Kegiatan Positif yang Bisa Dilakukan Saat Menganggur dan Mencari Kerja

unsplash.com

Lulus kuliah dan memutuskan untuk bekerja, mencari pekerjaan bakal menjadi prioritas bagi sebagian besar orang. Sudah melamar pekerjaan sana sini tapi belum ada juga panggilan interview? Jangan sedih. Pendidikan bukan satu-satunya tolok ukur seseorang diterima bekerja. Ijazah itu menjadi pelengkap kamu. Alih-alih hanya mengandalkan ijazah, kamu juga perlu membekali dirimu selama masih menjadi jobseeker.

Menjadi seorang pengangguran memang sangat menguji mental. Kenapa begitu? Akan ada banyak pertanyaan yang mengarah pada dirimu. Misalnya, "Sibuk apa sekarang?", "Kerja apa sekarang?", "Kerja dimana?" dan masih banyak pertanyaan lainnya yang sejenis.

Untuk kamu yang sedang menganggur, ada baiknya jika kamu melakukan kegiatan positif dan bermanfaat untuk mengisi waktu luang yang panjang. Lumayan 'kan bisa mengasah soft skill baru yang bikin CV-mu jadi lebih wow.

1. Bekerja freelance

unsplash.com

Selama masih mencari pekerjaan full time, kamu bisa mengambil pekerjaan sebagai pekerja lepas atau freelance. Sekarang sudah banyak website yang mempermudah kamu untuk mendapatkan pekerjaan sebagai seorang freelance. Misalnya menjadi photographer, tutor, writer dan masih banyak lagi. Jadi, selain mengasah skill kamu, masa menganggurmu juga tetap dapat menghasilkan uang sebagai tabungan. 

2. Menjadi volunteer

unsplash.com

Terkadang masa menganggur tidak melulu diisi dengan hal yang dapat menghasilkan uang. Jika senang membantu sesama dan ingin melakukan sesuatu yang lebih bermanfaat serta nyata untuk masyarakat yang membutuhkan, kamu bisa mengikuti kegiatan sebagai seorang volunteer.

Menjadi volunteer memang tidak menjamin bahwa kamu mendapatkan uang. Namun dari kegiatan ini lah kamu mendapatkan pengalaman berharga serta mengasah kemampuan teamwork.

3. Mengikuti kursus

unsplash.com

Selama kuliah, mungkin kamu tidak mendapatkan banyak waktu luang untuk melakukan kegiatan di luar kampus. Bahkan sekedar mengikuti kelas kursus. Masa menganggur ini merupakan waktu yang tepat untuk mengambil kelas kursus yang kamu idamkan dulu.

Kamu bisa ambil kursus komputer, design, bahasa dan masih banyak lagi. Selama menganggur pun, kamu tetap menabung ilmu dan mengasah kemampuan dasar yang sudah dimiliki.

4. Mencoba untuk berwirausaha
unsplash.com

Untuk yang takut bokek saat menganggur karena uang tabungan makin menipis, kamu bisa nih mulai merintis usaha sendiri. Mungkin dari usaha photo digitalphoto copy, menjual barang bekas di depan rumah maupun di market place

5. Menekuni hobi
unsplash.com

Walaupun belum bekerja, bukan berarti kamu tidak bisa melakukan hal yang kamu sukai. Setiap orang pasti punya hobinya masing-masing. Bahkan tidak sedikit yang menjadikan hobinya ini sebagai mata pencaharian.

Kamu jangan mau kalah. Punya hobi main musik, menulis, melukis hingga mengajar? Sisihkan waktu untuk tetap melakukan kegiatan yang kamu sukai. Mungkin saja dengan hobi yang kamu miliki inilah, yang akan mengantarkanmu menuju kesuksesan.  

6. Membantu orangtua

unsplash.com

Untuk yang menganggur dan masih stay dengan orangtua, coba lihat perjuangan mereka. Apa yang mereka lakukan untuk menghidupi kebutuhan sehari-hari kamu? Selama masih menganggur, tidak ada salahnya untuk mulai membantu mereka. Kamu tidak perlu gengsi selama yang kamu kerjakan bukan sesuatu yang haram.

7. Banyak Berdiskusi

unsplash.com

Kamu bisa menabung ilmu selama masih menganggur dengan banyak berdiskusi dengan orang cerdas. Di kesempatan ini, kalian bisa saling bertukar pikiran dan ide, 'kan.

8. Memperluas jaringan

unsplash.com

Selama menjadi jobseeker, tidak ada salahnya untuk berteman dengan siapapun. Tidak ada salahnya jika kamu seorang introvert sekali pun. Semakin banyak jaringan pertemanan yang kamu buat, semakin banyak pula kesempatan yang akan datang.

9. Mencari dan memasang strategi
unsplash.com

Jika belum mendapatkan pekerjaan, jangan lelah untuk terus mencari lowongan kerja. Kemudian jangan lupa untuk merapikan isi Curricullum Vitae kamu dan pastikan berkas lamaran sudah lengkap. Jangan lupa berlatih mandiri untuk persiapan interview.

10. Banyak berdoa
unsplash.com

Selain berusaha, jangan lupa untuk selalu berdoa kepada Tuhan. Karena doa tanpa usaha itu bohong, dan usaha tanpa doa itu sombong.

Selama menganggur, bukan berarti kamu hanya diam diri menunggu panggilan interview yang tidak pasti. Tidak perlu menunggu, yang perlu kamu lakukan adalah mencari dan terus mencari serta mencoba peluang yang lain.

Karena kita tidak tahu pekerjaan dan posisi mana yang berhak kita tempati. Jangan sampai merasa putus asa karena yang perlu kamu tahu bahwa kamu bukanlah jobseeker satu-satunya di bumi ini. Jangan lupa untuk minta restu kedua orang tua setiap akan melamar pekerjaan dan sebelum bertemu dengan interviewer.

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
100% Berkhasiat! 15 Manfaat Minyak dan Kapsul Habbatussauda untuk Kesehatan | Keepo.me

100% Berkhasiat! 15 Manfaat Minyak dan Kapsul Habbatussauda untuk Kesehatan | Keepo.me

Ilmu Merapikan Feeds Instagram Kece yang Didapat dari Akun 7 Selebriti Ini!

Ilmu Merapikan Feeds Instagram Kece yang Didapat dari Akun 7 Selebriti Ini!

Cara Menghilangkan Stretch Mark Secara Alami Tanpa Operasi | Keepo.me

Cara Menghilangkan Stretch Mark Secara Alami Tanpa Operasi | Keepo.me

Tips Agar Resepsi Pernikahan Tidak Menyisakan Beban di Kemudian Hari

Tips Agar Resepsi Pernikahan Tidak Menyisakan Beban di Kemudian Hari

Tips & Trik Memilih dan Membeli Kondom Terbaik yang Dijual di Indonesia | Keepo.me

Tips & Trik Memilih dan Membeli Kondom Terbaik yang Dijual di Indonesia | Keepo.me

7 Menu Sarapan yang Nggak Disarankan Dimakan di Pagi Hari

7 Menu Sarapan yang Nggak Disarankan Dimakan di Pagi Hari

loading