10 Jenis Ras Anjing Paling Protektif di Dunia Ini Cocok Jadi Pelindung!

21 Desember 2016
|Idham Nur Indrajaya
0SHARES

Anjing emang seringkali dicap sebagai binatang yang dapat menjadi sahabat terbaik manusia. Saking deketnya, beberapa orang bahkan sampai menjadikan anjing sebagai semacam anggota keluarga paling muda. Selain untuk dijadikan sebagai sahabat, anjing pun dapat bermanfaat dalam berbagai macam tugas tertentu yang nggak bisa dilakukan manusia, contohnya anjing pelacak yang bertugas untuk menelusuri aroma tertentu dari suatu hal yang dicari oleh majikannya dalam satuan kepolisian, dan mungkin yang paling umum adalah anjing penjaga yang dilatih untuk menjadi semacam “keamanan” di tempat majikannya tinggal. Hingga saat ini, total jenis anjing yang terdaftar di Fédération Cynologique Internationale (FCI)—lembaga pendataan jenis anjing dalam tingkat global, dikenal juga sebagai World Canine Organization—berjumlah 340 jenis, dan setiap jenisnya pasti memiliki ciri khas yang membedakan dirinya dari yang lain dan akhirnya menentukan juga status dirinya dalam keluarga yang memelihara, entah itu sebagai teman, penjaga, atau pelacak. Di antara jenis-jenis anjing, ada beberapa anjing yang memiliki sikap protektif sebagai ciri khasnya, dan mungkin kamu perlu tahu beberapa di antaranya, siapa tau kamu butuh pelindung buat kamu, atau rumah yang kamu tinggali.

1. Newfoundland

Anjing yang seringkali dijadikan sebagai teman sekaligus pembantu dari para nelayan di Kanada ini adalah salah satu anjing dengan ukuran yang cukup besar, dengan berat maksimal bisa mencapai 80 kg, dan tingginya bisa mencapai 71 cm. Kekuatannya yang besar seringkali dimanfaatkan dalam misi penyelamatan untuk korban tenggelam.

2. Cane Corso

Meskipun anjing ini bisa diajak bercanda dan memiliki kepekaan sosial yang cukup tinggi, anjing ini akan menyerang siapa pun yang dianggap mengancam majikannya. Karena keagresifannya dalam menyerang sasaran, anjing yang berasal dari Italia ini kerap kali dijadikan sebagai teman untuk berburu.

3. Weimaraner

Anjing asal Jerman ini sudah digunakan sebagai teman berburu sejak awal abad ke-19. Hebatnya, anjing ini sering diajak untuk menangkap buruan yang besar, seperti babi hutan, beruang, dan rusa. Selain pintar dalam hal berburu, anjing ini juga memiliki kemampuan yang cukup mahir untuk melindungi majikannya dari ancaman yang mengintai.

4. English Mastiff

Anjing yang ukurannya lebih ekstrem dari Newfoundland ini bobot tubuhnya dapat mencapai 110 kg dengan tinggi yang bisa mencapai 76 cm. Anjing ini memiliki kemampuan yang sangat baik dalam pertahanan sehingga dirinya sering dijadikan sebagai anjing penjaga. Selain itu, anjing ini juga dikenal memiliki kemampuan untuk menarik bobot yang cukup berat.

5. Pembroke Welsh Corgi

Meskipun sekilas terlihat lucu, anjing ini termasuk ke dalam urutan ke-6 dari anjing yang paling protektif kepada tuannya di kala bahaya datang. Jenis anjing favorit dari Ratu Elizabeth II ini cukup mudah dilatih dan selain menjadi teman bermain, anjing ini juga diakui kemampuannya sebagai anjing penjaga.

6. Australian Shepherd

Anjing yang sering muncul sebagai binatang dalam film-film Disney ini memiliki kemampuan yang banyak banget. Anjing ini bisa diandalkan untuk melakukan olahraga anjing (misalnya: olahraga frisbee), penyelamatan (tim SAR), pendeteksian narkoba, penunjuk jalan, dan bahkan bisa digunakan untuk terapi!

7. Doberman Pinscher

Kalo yang satu ini emang udah dikenal banget sebagai salah satu anjing yang dapat melindungi majikannya dengan cukup ampuh. Selain setia kepada pemiliknya, jenis anjing ini memiliki keistimewaan dalam hal intelegensi beserta tingkat kewaspadaan yang cukup tinggi. Makanya, anjing ini kerap kali dijadikan sebagai anjing yang bertugas untuk melindungi majikannya.

8. Rottweiler

Meskipun seringkali terlihat kalem, anjing yang satu ini bakal siap menyerang siapa pun kecuali orang yang memberinya makanan! Anjing yang berasal dari Jerman seperti halnya Doberman dan Weimaraner ini kerap kali dijadikan sebagai satuan polisi, anjing pelindung, dan bahkan penunjuk jalan untuk orang buta.

9. Poodle

Mungkin beberapa di antara kamu ada yang kaget banget kalo anjing yang terbilang mungil ini masuk ke dalam urutan ke-2. Meskipun sering dijadikan sebagai anjing yang didandani secantik-cantiknya oleh pemiliknya, anjing ini ternyata memiliki tingkat agresivitas yang cukup tinggi loh. Orang yang nggak terlihat mengancam pun bisa diserang! Kecuali kalo emang sebelumnya udah dilatih sama penjual anjing atau sama pemiliknya.

10. German Sepherd

Anjing yang lebih dikenal dengan nama “herder” ini merupakan anjing yang paling protektif di antara anjing lainnya. Tampaknya memang sudah menjadi bakat alam kalau anjing ini bakalan protektif banget sama majikannya. Ketangkasan dan kekuatannya untuk menyerang membuat jenis anjing ini dijadikan sebagai pilihan untuk satuan tentara dan polisi. Selain itu, anjing asal Jerman ini memiliki kepintaran yang cukup tinggi, bahkan anjing ini terbilang cukup mudah untuk diajari akting loh!

Seperti yang dikatakan pada kutipan, anjing-anjing yang protektif tuh nggak melulu selalu jadi yang tergalak kok. Seperti misalnya ada jenis anjing chow-chow yang emang galak banget, bahkan sampai pemiliknya pun seringkali kesulitan untuk melatih jenis anjing ini. Tapi, sayangnya jenis anjing ini kurang cocok untuk dijadikan sebagai teman yang dapat melindungi majikannya.   


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Idham Nur Indrajaya
Gak Punya Quote Nih!
0SHARES