10 Ilustrasi Ini Membuktikan Bahwa Dunia Modern Itu Mengerikan

28 Februari 2017
|Iswara Aji Pratama
970SHARES

Apa sih dunia modern itu? Apa bedanya dengan dunia tradisional? Mungkin pertanyaan demikian jarang atau malah tidak pernah kita tanyakan ketika berbicara soal zaman modern. Yang kita tau mah modern itu intinya teknologi, up to date, dan seterusnya. Jawaban kayak gitu gak salah sih, tapi kurang luas pengertiannya. Kalau dari sudut pandang sosiologi, modern itu lebih ke era industri. Semua yang ada di sekeliling manusia dijadikan barang dagangan. Salah satu contohnya adalah alam (hutan, laut, dan sebagainya) pada saat ini dieksploitasi oleh manusia. Zaman dulu mah alam itu sakral, gak boleh diapa-apain, mesti dihormatin.

Oleh karena itu, zaman modern pun secara gak langsung bisa dibilang era di mana kepercayaan terdahulu itu dirombak. Gak ada lagi itu yang namanya tabu, mitos, dan sebagainya. Kalau dilihat dari sejarahnya, zaman modern ini emang dibawa oleh orang barat sih. Mereka yang menggagas revolusi ini. Seiring berjalannya waktu, ternyata zaman modern malah menimbulkan kerugian-kerugian bagi manusia itu sendiri. Misalnya teknologi yang pada dasarnya dibuat untuk menyederhanakan hidup manusia, eh malah bikin hidup manusia jadi lebih kompleks. Alam yang pada dasarnya menjadi rumah bagi manusia, eh malah dihancurkan dan akhirnya mengakibatkan bencana alam. Terus kalau udah begitu, yang rugi siapa? Ya manusialah. Kalau kata orang zaman dulu, manusia itu "kena tulahnya". Kalau kamu gak percaya dengan keburukan dunia modern, nih YuKepo kasih beberapa gambar yang mengilustrasikan mirisnya kehidupan manusia di zaman modern.

1. Pagi ketemu siang, siang ketemu malam, malam ketemu pagi kita gak ada berhenti-berhentinya buat main HP, sampe kita jadi zombie!

2. Tikus dipelihara kucing, kucing dipelihara anjing, anjing dipelihara manusia, manusia dipelihara Handphone!

4. Keasyikan bercuit di twitter, kita pun lupa caranya mengobrol di dunia nyata, sebagai gantinya kita berbicara lewat burung-burung digital

5. Gak ada lagi yang namanya main bola sama temen-temen ketika hujan turun karena semua orang udah sibuk main HP

6. Dan junk food pun membuat kita terhanyut pada kenikmatan sesaat yang berujung pada obesitas, serangan jantung dan penyakit mengerikan lainnya

7. Gak ada lagi yang namanya buku buat belajar, sekarang yang terpenting adalah media sosial sebagai media untuk marah-marah dan mengeluh

8. Hidup kita di dunia modern ini gampang banget ketebak siklusnya, sekolah, kerja, berkeluarga, terus mati! Udah gitu aja?

9. Masa bodoh dengan sapi, beruang, anjing, babi, rusa, gajah, sapi, yang terpenting adalah kita bisa makan daging

10. Yang kaya bakal terus kaya, yang miskin ya makin miskin, hidup kok begini amat ya? Ayolah bikin sesuatu biar gak jadi tukang angkut orang serakah

Emang sih setiap jaman selalu punya masalahnya masing-masing, tapi mau sampe kapan kita terjebak di masalah modern ini? Udah waktunya kita sadar, udah waktunya kita cari masalah baru. Manusia bukan keledai!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Iswara Aji Pratama
Gak Punya Quote Nih!
970SHARES