10 Gambar Ini Menunjukkan Hasil Perjuangan Melawan Anoreksia

22 Mei 2017
|Idham Nur Indrajaya
Life
0SHARES

Anoreksia merupakan gejala penyakit kejiwaan yang disebabkan oleh obsesi yang berlebihan kepada tubuh yang kurus. Obsesi yang ekstrem kepada citra tubuh ini, membuat para pengidapnya menjadi takut terhadap kegemukan. Bahkan, meskipun pada kenyataannya tubuh mereka sudah kurus, para pengidap anoreksia seringkali tidak lekas puas dengan kondisi fisik mereka. Pada taraf tertentu, pengidap anoreksia bahkan seringkali memuntahkan kembali makanan yang baru saja mereka makan.

Pada beberapa kasus, penyakit anoreksia dapat menyebabkan kematian. Hal ini disebabkan oleh kurangnya asupan nutrisi yang diperlukan bagi tubuh. Kita ambil saja contoh dalam kasus meninggalnya Karen Carpenter, penyanyi dari duet The Carpenters yang dikenal dengan tembangnya yang berjudul “Close To You”.

Penyakit anoreksia ini kebanyakannya memang menyerang kaum wanita. Mungkin hal ini disebabkan oleh kecenderungan wanita akan adanya obsesi untuk membentuk tubuh seideal mungkin. Makanya, tak aneh jika penyakit ini seringkali diderita oleh orang-orang di ranah modeling, yang seringkali merasa dituntut untuk membentuk tubuh mereka selangsing mungkin. Kecenderungan ini memang terlanjur sulit untuk dihindari mengingat masyarakat pada umumnya menilai bahwa tubuh yang ideal bagi seorang wanita adalah tubuh yang langsing.

Meskipun gejala ini seringkali berujung kepada kematian, dalam beberapa kasus ada beberapa orang yang berhasil melawan gejala kejiwaan ini sehingga mereka bisa mendapatkan kembali tubuh yang proporsional. Di bawah ini, temen-temen bisa lihat beberapa gambar yang menunjukkan perbandingan antara kondisi para pengidap anoreksia saat mereka sedang menderita penyakit itu, dengan kondisi saat mereka sudah berhasil melawan penyakit tersebut.

1. Margherita Barbieri

Margherita adalah seorang penari balet yang sangat berbakat. Dia mulai berusaha menyembuhkan dirinya setelah rekan-rekannya menggunjing kondisi tubuhnya itu.

2. Hannah

Pada titik paling ekstrem, BMI (Body Mass Index, yang dihitung berdasarkan perbandingan antara tinggi dan berat badan) Hannah hanya berjumlah 11 saja. Namun, akhirnya Hannah berhasil melawan gejala anoreksia yang diidapnya itu.

3. (Anonim)

Perjuangan wanita ini saat melawan anoreksia membuahkan hasil. Dulunya, tubuhnya kurus kering tapi sekarang sudah ada daging yang mulai mengisi tubuhnya.

4. (Anonim)

Setelah sebelumnya badannya hanya terlihat seperti tulang yang dibalut kulit, kini wanita di gambar ini justru mendapatkan tubuh yang berotot layaknya atlet.  

5. Danny Walsh

Nah, kalau yang ini adalah salah satu pengidap dari kaum pria nih. Kalau yang sebelumnya bisa menyembuhkan anoreksia dalam satu tahun, kalau Walsh justru berhasil mendapatkan kembali tubuhnya dalam waktu empat bulan saja.

6. Elle Lietzow

Kalau dalam kasus Lietzow, dia bahkan enggan untuk meminum air mineral setetes pun! Salah satu gaya hidup untuk “tidak hidup”.

7. Matthew Booth

Booth bahkan sempat dinyatakan meninggal dunia dalam waktu 20 menit. Mungkin karena dia mendapatkan pengalaman itulah, akhirnya dia tergerak untuk melanjutkan hidup dengan menyembuhkan gejala anoreksia pada dirinya.

8. Linn Stromberg

Diet ekstrem yang dilakukan Stromberg menyebabkan dirinya nyaris saja mengalami gagal jantung.

 

9. (Anonim)

Wanita ini takut jika dirinya tidak akan cocok dengan baju apapun sehingga dirinya merusak tubuhnya sendiri agar selalu terlihat kurus.

10. Kaitlyn Davidson

Berat badan Davidson saat dirinya masih mengidap anoreksia, hanya berkisar di angka 37 kilogram saja.

Tubuh yang langsing memang seringkali menjadi impian kaum wanita. Meskipun begitu, apa artinya badan kurus jika akhirnya hidup pun jadi berujung kepada kematian dini?


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Idham Nur Indrajaya
Gak Punya Quote Nih!
0SHARES