10 Foto Bersejarah yang Menggetarkan Hati Ini Bikin Siapapun Akan Terenyuh

29 April 2017
|Olphi Disya
0SHARES

Kita memang tak bisa kembali ke masa lalu. Kita hanya bisa menerawangnya dengan melihat foto-foto atau mendengar cerita tentang kehidupan dunia ini di masa lampau. Beberapa foto di bawah ini seolah tengah bercerita kepada kita mengenai kejadian yang dihadapi saat itu. Ekspresi yang tergambarkan dalam foto tersebut seakan menggetarkan hati siapapun yang melihatnya.

Seperti ada jutaan cerita yang tak sempat dituliskan melalui kata-kata atau mampu diceritakan dalam kalimat demi kalimat. Foto-foto yang powerful berikut ini menyimpan banyak kisah dan emosi yang nggak bisa kita bayangkan. Ada yang bisa membuat kita terharu, ada yang bisa membuat kita sedih, atau bahkan marah. Namun, tentu di balik itu semua, ada hal yang bisa kita pelajari. Salah satunya adalah kita semua memiliki momen dalam hidup, namun yang membuatnya menjadi historis adalah cerita di baliknya.

Berikut ini adalah foto-foto yang dapat membuat kamu terenyuh. Mungkin juga bisa ikutan bersedih atau ikut terharu. These photos tell you more than words can tell.

1. Konstantin Pronin (86), duduk di bangku saat Victory Day di Moskow tahun 2011

Konstantin datang dan duduk di bangku yang sama setiap tahunnya. Ia merupakan veteran Perang Dunia II satu-satunya yang masih hidup di unitnya.

2. Kesedihan pasca Tsunami

Seorang perempuan yang merasa hancur sesaat setelah bencana Tsunami melanda Jepang pada 2011.

3. Kisah anak dan ayah di suatu pagi

Seorang anak yang mencoba membangunkan sang ayahnya yang pemabuk berat.

4. Wajah-wajah yang tengah menikmati kemerdekaan

Ekspresi para pengungsi Yahudi yang mengetahui bahwa mereka diselamatkan bukan dikirim ke kamp konsentrasi Nazi.

5. Peristiwa tabrakan penuh duka

Seorang pria Lithuania yang shock setelah tak sengaja menabrak anak laki-laki berusia 8 tahun hingga tewas.

 

 

6. Mengiming-imingi orang lapar

Seorang petugas Turki yang mengejek warga Armenia yang kelaparan dengan menunjukkan sepotong roti ketika peristiwa genosida Armenia tahun 1915.

7. Sebuah dokumentasi momen terakhir

Seorang politikus Filipina yang tewas tertembak sesaat setelah memotret keluarganya.

8. Berkonsultasi tentang bunuh diri via telepon

Seorang pria tertangkap kamera sedang menggunakan fasilitas umum berupa konseling tentang bunuh diri melalui telepon darurat.

9. Mendoakan pria yang telah meninggal

Seorang biarawan tengah melakukan pemberkatan doa kepada seorang pria yang meninggal secara tiba-tiba di stasiun kereta api Taiyuan, Tiongkok.

10. Yahudi terakhir di Vinnitsa

Seorang tentara Nazi yang termasuk ke dalam pasukan kematian tengah bersiap menembak mati seorang Yahudi di depan lubang kuburan massal di Vinnitsa, Ukraina, tahun 1941.

Itulah kesepuluh foto-foto historis yang cukup membuat kita terenyuh. Bagaikan bercerita, berbagai ekspresi yang tertangkap kamera tersebut membukakan mata kita akan peristiwa yang mungkin tak pernah kita bayangkan sebelumnya apabila kita mengalaminya. Let the pictures become a history, but the memories behind the phenomenon will stay captured.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Olphi Disya
"Upcoming psychologist. Awesome weirdo."
0SHARES