10 Fakta tentang Cinta Pertama yang Harusnya Nggak Kamu Percaya

02 September 2017
|Fatimah Artayu Fitrazana

Bicara tentang cinta pertama, bagaimana rasanya ketika kamu bertemu cinta pertama? Apakah terasa sedikit aneh, karena tiba-tiba jantung berdegup kencang saat melihat seseorang? Semua yang serba pertama rasanya memang menarik untuk dibahas. Walaupun cinta pertama itu selalu membekas, stereotip tentangnya tidak semuanya benar. Apa saja fakta tentang cinta pertama yang tak perlu kamu ambil pusing atau bahkan percaya? Ini dia!

1. Cinta pertama, pacar pertama?

Kebanyakan orang sering salah kaprah menggantikan antara cinta pertama, pacar pertama, dan cinta pada pandangan pertama. Walaupun sama-sama pertama, ketiganya bisa jadi berhubungan tapi dalam konteks yang berbeda. Pacar pertamamu mungkin adalah cinta pertama karena pandangan pertama. Kemungkinan ini bisa saja terjadi. Tapi bisa saja sebaliknya, pacar pertamamu bukanlah cinta pertama, sedangkan cinta pertamamu bukan dari cinta pada pandangan pertama.

2. (Katanya) susah dilupakan

Ini adalah pendapat paling umum dan banyak diperbicarakan tentang cinta pertama. Sulit dilupakan. Mau akhirnya jadian atau tidak, cinta pertama dan segala kenangannya itu susah dihapus. Padahal, kalau kamu sudah menemukan cinta lainnya, si cinta pertama akan terlupakan dengan sendirinya. Masalah ada pada apakah kamu mau melupakan atau tidak. “Walaupun udah ada yang lain tetep teringat cinta pertama.” Kamu berarti harus lebih keras move on.

3. Banyak melakukan hal konyol demi mendapat perhatian

Karena ini cinta pertama, kamu kadang tidak tahu harus bagaimana untuk mendapat perhatiannya. Dan tanpa kamu sadari mungkin melakukan hal-hal konyol untuk membuatnya bahagia dan tertarik padamu. Misalnya, si cewek punya warung siomay langganan di Bandung, terus kamu rela pergi ke sana dari Jakarta cuma buat beli siomay. Ini bukan hanya berlaku untuk cinta pertama. Bahkan jika itu cinta yang kedua atau ketiga sekalipun, hal konyol atau di luar kebiasaan bisa saja kamu lakukan karena kamu begitu mencintainya.

4. Biasanya terjadi pada orang terdekat

Di banyak film atau drama, cinta pertama sering terjadi dengan sahabat dekat atau teman semasa kecil. Ya, mungkin saja sih. Tapi cinta pertama juga bisa seorang kakak kelas yang entah murid kelas mana lewat depan pintu kelas dan membuat jantung berdebar saat melihatnya berlalu. See? Tidak selalu orang yang terdekat atau kamu kenal baik.

5. Membuat makan susah, tidur pun tak nyenyak

Coba kamu ingat-ingat, pernah merasakan ini? Kurang selera makan karena tidak bertemu di tempat yang sama, kantin misalnya. Tidur terganggu gara-gara kalau merem suka terbayang wajahnya, lalu tertawa geli. Excitement ini tidak hanya berlaku untuk cinta pertama. Ketika menemukan orang yang benar-benar menarik perhatianmu dan membuatmu jatuh cinta, sangat wajar merasakan hal semacam ini. Jadi, bukan semata-mata karena cinta pertama.

6. Cemburu pertama yang berapi-api

Berhubung ini cinta pertama, kamu juga kemungkinan besar akan merasakan cemburu pertama. Ketika sang cinta pertama terlihat sedang mengobrol dengan teman lawan jenis, makan bersama, atau jalan berdua, kamu akan merasakan ada bara di dada. Karena belum berpengalaman dalam percintaan, wajar saja jika rasa cemburumu mungkin cenderung meluap-luap, dan di cinta-cinta selanjutnya lebih terkendali. Tapi ya tetap saja cemburu namanya. 

7. Banyak mengalah saat berselisih, karena ini yang pertama

Jika kamu berhasil berpacaran pertama kali dengan cinta pertama, kamu akan cenderung sering mengalah. Karena ini yang pertama dan kamu tidak berpengalaman dalam menghadapi perselisihan dalam hubungan, atau kamu terlalu dini memulainya. Well, pada orang yang memiliki sifat seperti ini, tidak hanya berlaku pada cinta pertama. Alasan umumnya adalah karena malas berdebat, tidak suka pertengkaran, dan takut kehilangan. 

8. Cinta pertama selalu gagal

Ungkapan ini cukup sering terdengar, cinta pertama tidak pernah berhasil, yang benar adalah tidak selalu. Cinta pertama adalah selayaknya kisah cinta yang lain, ada yang berhasil dan gagal. Cinta pertama bisa saja gagal, lalu cinta kedua berhasil atau sebaliknya. Jadi, jangan perlu dipercaya. Kalau kamu sungguh mencintai seseorang, berusahalah sepenuh hati mendapatkannya. Urusan hasil serahkan pada Tuhan. 

9. Pas ingin menyatakan cinta, ketikung sama orang lain

Lebih detail dari cinta pertama yang dianggap selalu gagal, adalah sering ditikung. Karena masih malu-malu mendekati cinta pertama, kamu akhirnya terlambat menyatakan cinta, sedangkan orang lain sudah lebih dulu mengutarakannya. Lagi-lagi, ini bukan hanya tentang cinta pertama. Di film atau drama, adegan ini memang sering terjadi. Mungkin itu yang memengaruhi penonton untuk berpikiran yang sama. Tapi di kenyataan, setiap cerita cinta juga punya kesempatan untuk ditikung, bukan hanya cinta pertama.

10. Sering gagal dalam percintaan, tiba-tiba teringat dengan yang pertama

Yang terakhir ini berlaku ketika kamu sudah menjalani sederetan kisah percintaan yang gagal. Lalu, teringat kembali pada sosok yang membuat dada bergetar tak karuan untuk pertama kalinya, dan semangat yang luar biasa hanya dengan melihat wajahnya. Sebetulnya, ini tergantung pribadi masing-masing. Ketika dalam keadaan yang putus asa soal cinta, mantan terindahlah yang biasa muncul. Atau mungkin mantan terindah kamu si cinta dan pacar pertama. Jadi yang diingat ya dia. 

Jadi itu 10 fakta cinta pertama yang tidak harus kamu percaya. Kadang rindu pada cinta pertama boleh-boleh saja. But, life must goes on and you have to move on. 


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Fatimah Artayu Fitrazana
Gak Punya Quote Nih!
SHARES