10 Band Hebat Jogja Paling Sukses hingga Saat Ini. Siapa Mereka?

19 Desember 2017
|Robertus Jeje
7SHARES

Anak muda Jogja selalu kreatif dalam berbagai hal, salah satunya musik. Banyak banget band asal kota Gudeg yang sukses hingga dikenal di kancah internasional. Tentu juga sangat beragam band yang ada di kota Budaya ini, mungkin juga bisa dibilang komplit, semua genre bisa kamu ditemukan di kota ini.

Namun jika membicarakan soal kesuksesan, tentu akan ada berbagai faktor penilaian, mungkin salah satunya seperti bagaimana mereka bisa bertahan dan terus eksis dari masa ke masa hingga saat ini. Seakan karier musiknya terus menanjak, berikut ini 10 band Jogja paling sukses versi Yukepo. Siapa saja mereka?

1. Sheila on 7

Meski mereka jarang muncul di TV, faktanya salah satu band legendaris Jogja ini jadwal manggungnya kenceng banget. Bahkan seperti yang dikutip dari Brilio, dalam satu minggu mereka bisa manggung 1 sampai 2 kali. Tak hanya itu saja, jarang muncul di TV juga bukan tanpa alasan, menurut sang basis Adam, kualitas acara musik di TV sudah tak seramai dulu, jadi sedikit pilih-pilih bagaimana konsep acara, dealing, dan lainnya.

2. Shaggydog

Belum lama ini Shaggydog menelurkan album baru bertema, “Putra Nusantara”. Bisa dikatakan, band Jogja ini cukup konsisten dalam berkarier musiknya dan tetap membawa genre ska rocksteady ala mereka. Jadwal off-air mereka juga nggak pernah sepi tiap minggunya. Bahkan, tahun Shaggydog manggung di SXSW Amerika Serikat. Namun ini tidak pertama bagi mereka manggung di luar negeri. Sebelumnya, mereka juga pernah main di Australia, Asia, dan beberapa negara di Eropa.

3. Endank Soekamti

Endank Soekamti menjadi salah satu band Jogja yang selalu produktif dan terus berinovasi dengan karya-karyanya. Fans mereka ada di mana-mana. Jadwal manggung nggak perlu diragukan lagi, selalu ramai tiap minggunya. Belum lama ini mereka juga merilis album baru, “Salam Indonesia”. Uniknya, album kedelapan mereka ini dikemas dalam box set - setelah mereka keliling 30 tempat di tanah timur, Papua. Selain itu, semua proses penggarapan album juga dikerjakan di sana, mulai dari menulis lagu hingga rekaman.

4. Jogja Hip Hop Foundation

Mulai dikenal lewat lagunya “Jogja Istimewa,” Jogja Hip Hop Foundation (JHF) terus saja menanjak kariernya hingga sekarang. JHF memang sengaja ini memasukkan unsur Jawa dalam musik hip hopnya. Mereka juga tak hanya dikenal di negeri sendiri, melainkan mendapatkan apresiasi di New York dan San Fransisco pada tahun 2011 silam. Bahkan, Desember 2017 ini mereka baru saja tour di Eropa, yakni Paris, Den Haag, Brussels, dan Deventer.

5. NDX aka Familia

Berangkat dari kuli bangunan, NDX aka Familia menjadi idola bagi banyak kalangan. Khususnya para pecinta musik dangdut dan hip-hop. Ya, musik mereka memang memadukan kedua genre tersebut dengan usur Jawa yang kental. Bisa dikatakan juga, mereka sebagai warna baru di musik dangdut yang selalu merakyat. Bisa sukses seperti saat ini tentu bukan hal mudah dan banyak hal yang dialami oleh dua personelnya, Yonanda Frisna Damara dan Fajar Ari. Bahkan, dulunya mereka sekali manggung mereka hanya dibayar 75 ribu saja, dan kini sekali main bayaran mereka bisa sampai 40 juta rupiah.

6. Stars and Rabbit

Band duo Elda Suryani dan Adi Widodo sampai sekarang masih sibuk wira-wiri untuk manggung. Karya Stars and Rabbit selalu mencuri hati para pendengarnya. Terbentuk tahun 2011 silam, karier musik mereka terus saja naik hingga salah satu lagu mereka “The House” menjadi salah satu soundtrack di film Hollywood, “Wander” tahun 2015 lalu. Kemudian pada tahun 2016, mereka juga melakukan “Baby Eyes UK Tour” di empat titik kota Inggris dan Wales.

7. Festivalist

Dulunya kita mengenalnya dengan nama Jenny, namun setelah dua anggotanya keluar mereka mengganti namanya menjadi Festivalist. Band yang populer dengan lagunya “Mati Muda” ini juga nggak pernah absen dalam event-event besar di Jogja maupun luar Jogja. Band indie kota Gudeg ini selalu membuat penikmatnya jatuh hati karena karya-karya mereka. Hingga saat ini band yang beranggotakan Farid Stevy Asta, Roby Setiawan, Humam Mufid Arifin, Danish Wisnu Nugraha, dan Rio Faradino masih disibukkan dengan jadwal manggung di beberapa tempat Jogja dan sekitarnya.

8. Death Vomit

Dari musik cadas, Death Vomit bisa menjadi inspirasi sebagai salah satu band metal tersukses di Jogja. Kesuksesannya terus saja melejit hingga kini. Belum lama, mereka juga main di musik internasional, JogjaRockarta beberapa waktu yang lalu featuring Eross Candra, Sheila on 7. Namun sebelumnya, mereka sudah sering melakukan tour di berbagai negara seperti kawasan negara-negara besar Asia hingga Australia.

9. Bravesboy

Sejak berdiri tahun 2009 yang lalu, Bravesboy tak pernah berhenti untuk bermusik dan menciptakan karya. Nampaknya perjuangan mereka membuahkan hasil. Dan kini pelan tapi pasti, mereka semakin dikenal dengan banyak fans di berbagai kota. Bravesboy beranggotakan Nazat (vokal) Bima (vokal), Miga (gitar), Oky (bass), Andri (gitar) dan Andri (drummer). Hingga saat ini mereka masih disibukkan dengan berbagai jadwal manggung di wilayah Jogja dan sekitarnya.

10. Captain Jack

Sempat heboh saat sang vocalis Momo, mengatakan mundur dari Captain Jack bersama Sanco (gitaris) dan Ismeth (keyboardist) tahun 2016 silam. Kabar ini cukup mengejutkan karena band Jogja ini menjadi salah satu band yang dikenal cukup solid dan karyanya terus saja lahir. Namun atas kemundurkan tiga personel ini, tidak berarti bahwa Captain Jack bubar. Saat ini hanya menyisakan dua personelnya Andi (drummer) dan Novan (bassist) yang terus melaju di dunia musik. Sedangkan Momo sendiri, dikabarkan ingin membentuk band baru lagi.

Itulah tadi 10 band Jogja paling sukses menurut versi Yukepo. Lalu, mana band favorit kamu? Mungkin masih banyak band asli Jogja lain yang juga nggak kalah sukses sampai sekarang. Kalau kamu punya versi lain dan ada band yang belum kesebut di atas, tambahkan ke kolom komentar ya.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Robertus Jeje
"be kind to each other"
7SHARES