Wow! Seniman Ini Membuat Instalasi Seni 3D dengan Menggunakan Sampah

16 Juli 2017
|Idham Nur Indrajaya
0SHARES

Terkadang seni dapat menemukan identitas yang menjadikan dirinya unik dengan menggunakan media yang belum lumrah digunakan. Maka dari itu, para seniman pun berlomba-lomba mencari berbagai media untuk dijadikan sebagai bahan dasar dari karya yang hendak dibuatnya. Misalnya, dulu dalam suatu ajang pencarian bakat di Indonesia ada peserta yang menggunakan pasir sebagai media untuk membuat lukisan. Bakatnya itu menjadi terlihat lebih unik dan menarik perhatian orang-orang karena dia menggunakan media yang biasanya tidak digunakan dalam lukisan pada umumnya. Selain itu, dulu juga sempat ada video yang ramai dibicarakan di dunia seni karena video itu memperlihatkan seorang pelukis yang menggunakan darahnya sendiri sebagai pengganti cat.

Eksplorasi media dalam seni itu tidak hanya berlaku untuk seni lukis saja, melainkan bisa juga dilakukan pada cabang seni lainnya. Misalnya dalam seni musik, ada satu grup yang berasal dari Jatiwangi, Majalengka, yang menggunakan instrumen-instrumen musik yang semuanya menggunakan bahan dasar genteng. Disebabkan oleh keunikannya, grup musik itu pun dapat diundang ke berbagai acara musik di luar negeri karena dianggap telah melakukan suatu terobosan baru dalam penggunaan media di setiap karyanya.

Jangankan pasir, darah, atau genteng, bahkan onggokan sampah pun bisa menjadi karya yang bernilai seni jika dieksplorasi oleh orang dengan kreativitas yang tinggi, seperti yang dilakukan oleh Bernard Pras. Bernard Pras adalah seorang seniman asal Perancis yang dapat menjadikan sampah sebagai bahan dasar dari seni instalasi. Karyanya itu pun dapat ditampilkan sebagai lukisan tiga dimensi jika dilihat dari sudut pandang tertentu. Dengan kejeliannya, dia dapat mengolaborasikan berbagai barang yang telah menjadi sampah sehingga mampu membentuk sebuah tampilan seni yang menakjubkan. Di bawah ini, kamu bisa melihat beberapa contoh karya Bernard Pras yang begitu memukau meskipun dalam pembuatannya, dia menggunakan benda-benda yang sudah tidak terpakai dan telah menjadi sampah. Langsung aja yuk, kita kepoin!

1. Sebelum lebih jauh, kita lihat dulu bagaimana Pras menata sampah-sampah sehingga bisa terlihat seperti karya seni

Pras menggunakan permainan perspektif untuk menginstalasi karya-karyanya. Jika dilihat dari samping, instalasinya hanya terlihat seperti onggokan sampah yang disusun secara acak. Namun, saat dilihat dari depan, akan terlihat bagaimana onggokan sampah yang disusun sedemikian rupa itu menjadi gambar mosaik berukuran besar yang berbentuk tiga dimensi. Keren kan?

2. Ombak besar Kanagawa

4. Merekreasi “The Scream” karya Edward Munch
5. Raja Louis XIV dari Kerajaan Perancis.

6. Potret Vincent van Gogh

8. Potret Marilyn Monroe

9. Potret Michael Jackson

10. Jack Torrance dalam film "The Shining"

11. Mickey Mouse

12. Potret Albert Einstein

Permainan perspektif yang digunakan Bernard Pras untuk mempresentasikan karya seninya itu seakan-akan membicarakan gagasan bahwa benda-benda terbengkalai yang pada umumnya dianggap tidak berguna itu dapat menjadi sesuatu yang bernilai tinggi jika kita mau mencoba melihatnya dari perspektif lain.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Idham Nur Indrajaya
Gak Punya Quote Nih!
0SHARES