Tatsuya Tanaka, Seniman yang Membuat Diorama Miniatur Keren Setiap Hari Selama 6 Tahun

26 Mei 2017
|Olphi Disya

Sejak tahun 2011, seorang seniman asal Jepang bernama Tatsuya Tanaka membuat diorama miniatur yang sangat mirip dengan figur manusia asli. Miniatur manusia ini dibuat sangat kecil sehingga dalam pembuatan karyanya, ia harus memotret objek dengan teknik tertentu agar miniatur tampak alami. Setiap harinya, ia memproduksi karya yang disebut dengan Miniatur Calendar.

Seakan tak pernah kehabisan ide, Tatsuya Tanaka membuat miniatur tersebut seolah berada di kehidupan manusia. Dengan dilengkapi objek sehari-hari seperti makanan, minuman, atau barang-barang yang digunakan oleh orang-orang pada umumnya. Objek-objek tersebut adalah gambaran untuk ilustrasi dari hal-hal yang serupa. Misalnya brokoli tampak seperti hutan atau kulit kacang yang tampak seperti perahu. Ia konsisten selama 6 tahun tanpa sehari pun melewatkan untuk menciptakan dan memotret diorama miniaturnya tersebut dan masih akan terus menciptakannya.

Aktivitas yang ditunjukkan dalam diorama tersebut pun seakan dekat dengan kegiatan orang-orang pada umumnya. Misalnya seperti bekerja, berkendara, atau bahkan melakukan hobi. Koleksi foto-foto diorama miniaturnya dapat kamu akses di miniatur-calendar.com dan bisa juga kamu lihat melalui beberapa akun sosial medianya seperti Facebook dan Instagram. Penasaran kan kayak apa sih karyanya yang udah mendunia ini?

1. Terowongan kue yang lagi macet karena kayaknya ada galian jalan deh

2. Panen padi di sawah sikat lantai hasilnya jadi beras atau jadi apaan ya?

4. Wahana permainan jepit jemuran yang kayaknya ekstrem banget

6. Perahu kacang kulit yang berkeliaran di antara pulau-pulau

7. Para dokter melakukan bedah di atas preparat mikroskop

8. Memancing Instagram di lubang pecahan layar ponsel

9. Kedai barbeque di pinggir pantai yang kayaknya asik banget

10. Berpetualang ke alam liar di hutan brokoli

Gimana menurut kamu? Keren-keren kan diorama miniaturnya? Kayaknya pas banget nih untuk kamu yang senang sama sesuatu yang detail, kamu bisa belajar untuk membuat karya seni serupa kayak gini, guys. Tapi tentunya juga harus didukung dengan kreativitas dan imajinasi yang tinggi serta kesabaran dan ketekunan dalam berkarya. Menurut kamu, mana sih diorama miniatur yang paling keren dan nggak kepikiran?


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Olphi Disya
"Upcoming psychologist. Awesome weirdo."
SHARES