Street Painting, Seni Melukis Jalan Karya Tracy Lee Stum yang Membuat Mata Terpana

06 September 2017
|Fatwah Diniaty
0SHARES

Seni merupakan anugrah yang diciptakan oleh Tuhan untuk kita semua. Tanpa seni manusia akan hidup dalam ketiadaan. Seni sudah ada sejak dulu, bahkan hingga sekarang manusia tidak dapat terlepas dari yang namanya seni. Dari sekian banyak karya seni yang ada, seni melukis merupakan seni paling mahal yang pernah ada di dunia. Kok bisa paling mahal ya? Percaya atau tidak, satu lukisan karya Leonardo da Vinci bisa dijual hingga miliar rupiah. Padahal jika dipikir-pikir, lukisan tersebut hanya berupa gambar yang terbuat dari tinta biasa dan dituangkan dalam sebuah kanvas sederhana. Namun hal tersebut bukanlah sebagai tolak ukur untuk menilai sebuah karya seni. Karya seni bisa dinilai dari berbagai sisi, mulai dari nilai history, hingga keindahan yang terdapat di dalam karya seni tersebut.

Nah, kali ini Yukepo akan membahas tentang seni lukis yang akan membuat mata kamu terkesima dengan keindahannya. Namun ada yang beda nih, lukisan tersebut bukan dituangkan dalam sebuah kanvas, melainkan dilukis di jalanan umum, di mana tempat orang-orang melakukan aktivitas sehari-hari. Street painting atau lukisan jalanan ini dilakukan oleh seorang seniman asal Amerika bernama Tracy Lee Stum, kiprahnya dalam seni melukis jalanan diawali pada tahun 1998. Karya-karyanya telah diakui secara internasional, karena ia berhasil memecahkan rekor dunia untuk lukisan kapur terbesar di dunia secara perorangan.

Kini, Tracy menjabat sebagai duta budaya untuk Kedutaan Besar Amerika Serikat. Tracy juga kini mengelola sebuah tim yang siap menjalankan proyek seni lukis jalanan di festival dunia. Sepak terjangnya tak berhenti sampai di situ, ia juga membuka sebuah lokakarya pendidikan bagi mereka yang ingin mempelajari karya seni. Daripada penasaran, kita langsung aja yuk kepoin karya seni dari tangan seorang maestro 3D street painting, Tracy Lee Stum, yang akan membuat matamu terpana ketika melihat lukisan kapur buatannya.

1. Sebelum membuat lukisan di jalanan umum, Tracy mendesain lukisannya terlebih dahulu pada sebuah kertas

2. Inilah kapur yang digunakan untuk melukis di jalanan umum

3. Peralatan penunjang karya-karyanya yang spektakuler

4. Diskusi tentang gambar yang sesuai dengan desain pada kertas
5. Inilah 'behinde the scene' pembuatan karyanya

7. Dibutuhkan kesabaran dalam membuat karya yang indah

8. Inilah beberapa hasil karyanya yang menakjubkan

9. Karya yang dibuatnya ini berada di tengah-tengah jalanan umum

10. Lukisan kapurnya ini mengusung konsep ilusi optik tiga dimensi

11. Sangat manakjubkan, bukan?

13. Mau bertualang seperti dalam lukisan ini?

14. Bahkan, lukisan karya Tracy pun terdapat di atas conblock

15. Mahakarya yang sangat memukau

Itulah 3D street painting yang pernah dibuat oleh Tracy Lee Stum. Sungguh menakjubkan bukan street painting karya Tracy ini? Karya-karya Tracy telah diakui di dunia internasional. Berkat kemampuannya ini, Tracy banyak diundang ke berbagai negara untuk membuat karya-karya seni lukis dengan bentuk yang beragam dan spektakuler. Jadi, tunggu apalagi? Ayo mulailah berkarya sejak dini.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Fatwah Diniaty
Gak Punya Quote Nih!
0SHARES