Seniman Suriah Melukis Beberapa Pemimpin Dunia Sebagai Pengungsi

24 Juli 2017
|Monica Petra

Perserikatan Bangsa-Bangsa mengumumkan bahwa jumlah orang yang mencari pengungsian atau melarikan diri dari daerah konflik pada tahun 2016 mencapai 65,6 juta, lebih besar jumlahnya dari yang ada setelah Perang Dunia II. Banyak pengungsi ini hidup dalam kondisi mengerikan. Lalu salah seorang pengungsi Suriah dan juga seorang seniman bernama Abdalla Al Omari, memutuskan untuk bertindak dan mengirim pesan mendesak kepada para pemimpin dunia.

Abdalla telah menciptakan serangkaian lukisan yang dia sebut 'The Vulnerability Series', di mana dia melukis para pemimpin dunia seperti Donald Trump, Vladimir Putin, Kim Jong-un dan lebih banyak lagi, sebagai pengungsi itu sendiri, menempatkan mereka dalam situasi yang sulit yang dihadapi pengungsi sehari-hari.

"In this universe without gravity, all we can hold on to is our vulnerability. I have convinced myself it is the strongest weapon humankind possesses, way more powerful than the trail of power games, bomb craters and bullet holes in our collective memories. Vulnerability is a gift we should all celebrate." Begitulah yang ditulis Abdalla dalam websitenya.

Nah, berikut ini langsung aja kita lihat siapa aja para tokoh yang berhasil dilukis kembali oleh Abdalla sebagai seorang pengungsi. Kepo? Yuk!

1. Donald Trump

Donald Trump, presiden Amerika Serikat yang ke-45. Meninggalkan segala kekuasaan dan jabatannya, coba perhatikan baik-baik gambar ini.

2. Kim Jong Un

Kim Jong Un adalah presiden Korea Utara yang terkenal akan kediktatorannya dalam mengatur negaranya. Apa kamu bisa mengerti maksud dari gambar di atas?

3. Vladimir Putin

Vladimir Putin adalah presiden Rusia saat ini yang sudah menjabat sejak tahun 2012. Tentu selalu ada makna dari setiap lukisan yang dibuat oleh Abdalla.

4. David Cameron

Nama lengkapnya adalah David William Donald Cameron, merupakan mantan perdana menteri Britania Raya. Dalam lukisan ini dia terlihat sangat ramah.

5. Angela Merkel

Angela Markel adalah seorang wanita yang cukup berpengaruh di Jerman. Dia menjabat kanselir Jerman sejak tahun 2005 dan  Ketua Persatuan Demokrat Kristen (CDU) sejak tahun 2000.

6. Abdel Fattah El-sisi

Bernama lengkap Abdul Fattah Said Hussein Khalil as-Sisi, merupakan presiden Mesir saat ini yang dulunya pernah menjabat sebagai Menteri Pertahanan dan Panglima Angkatan Bersenjata Mesir.

7. Bashar Al-assad

Bashar Al-assad adalah presiden Suriah saat ini yang sudah berkuasa sejak tahun 2000. Dia merupakan putra dari Hafizh al-Assad, presiden Suriah yang sudah menjabat dari tahun 1971 hingga tahun 2000.

8. Mahmoud Ahmadinejad

Mahmoud Ahmadinejad merupakan presiden Iran ke-6 yang mulai menjabat sejak tahun 2005. Sebelumnya dia pernah menjabat sebagai wali kota Teheran.

9. Recep Tayyip Erdogan

Recep Tayyip Erdogan adalah presiden Turki sejak tahun 2014. Dia pernah menjadi perdana menteri di tahun 2003 hingga 2014. Pada tahun 2010 dia pernah terpilih sebagai salah satu muslim yang paling berpengaruh di dunia.

Menarik? Ya, sangat menarik. Semoga artikel ini membuka perspektif baru dalam pandanganmu menatap dunia. Selalu ada hal-hal baru di luar sana. Dunia ini hanyalah sementara saja, lakukan segala yang terbaik, jadilah orang yang positif, niscaya kebaikan juga akan selalu datang padamu. Jangan jadi orang yang suka membenci dan mendendam.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Monica Petra
Gak Punya Quote Nih!
SHARES