Seniman Ini Mengombinasikan Buah dan Sayur Menjadi Karya Seni yang Mengagumkan

11 Agustus 2017
|Idham Nur Indrajaya
0SHARES

Di sebagian masyarakat, ada stereotip yang menggagaskan bahwa segala sesuatu yang memiliki nilai nominal harga yang mahal itu memiliki segi kualitas yang lebih baik ketimbang yang lebih murah. Memang, dalam konteks tertentu, harga bisa menjadi indikator kualitas suatu benda. Misalnya, jika sepatu dibuat dari bahan yang murah, biasanya sepatu itu akan lebih mudah sobek, berbeda dengan sepatu yang dibuat dari bahan dengan harga yang mahal.

Meskipun begitu, pengaruh harga terhadap kualitas suatu benda tidak berlaku di segala hal. Misalnya, bahan makanan yang terbaik dengan harga yang selangit, belum tentu bisa dibuat menjadi masakan yang lezat apabila tangan yang mengolahnya tidak lihai. Buku yang dijual di toko dengan harga yang sangat mahal pun belum tentu bisa menyaingi kualitas dari buku yang dijual di pinggir jalan dengan harga murah. Soalnya, yang menjadi indikator kualitas dari suatu barang adalah ide di baliknya.

Hal itu pun berlaku dalam karya seni. Belum tentu orang-orang yang menggunakan instumen yang harganya selangit, dapat membuat gubahan musik yang dapat memukau banyak orang. Cukup dengan modal tong sampah dan alat untuk menabuh saja, berbagai kelompok perkusi jalanan bisa memiliki kesempatan untuk membuat namanya menjadi tersohor. Pelukis yang menggunakan kanvas dan peralatan lainnya dengan harga yang mahal, belum tentu bisa menyaingi orang yang hanya menggambar di kertas HVS biasa. Semuanya bergantung kepada usaha dan kemampuan seseorang dalam mengolah sesuatu.

Dan Cretu, orang berkebangsaan Rumania, adalah salah seorang seniman yang membuktikan bahwa seni pun bisa diciptakan dari benda sehari-hari yang bisa didapatkan dengan harga murah. Dengan hanya bermodalkan buah dan sayuran, dia bisa membuat berbagai karya seni yang mengagumkan. Dia dikenal sebagai eco-artist, yakni seniman yang mengekspresikan seninya melalui hal-hal yang berbau alam. Dengan konsepnya yang unik, dia bisa memukau orang-orang yang melihat karyanya. Nah, langsung aja yuk, kita kepoin karya-karyanya di bawah ini!

1. Motor dari cabe

2. Angsa dari sayur-sayuran

3. Kulit jeruk pun bisa dijadikan jenggot

5. Bola ini bukan untuk disepak!

6. Radio sayur

7. Selain berguna untuk kesehatan, sayur pun berguna untuk karya seni

9. Kulit semangka aja bisa dijadiin patung

10. Mau dilihat aja boleh, mau dimakan juga nggak masalah tuh!

Karya-karya garapan Dan Cretu yang bisa kita lihat pada foto-foto di atas menjadi bukti bahwa seni pun bisa diciptakan dengan benda sehari-hari. Jadi, nggak perlu cari yang mahal-mahal juga bisa kok!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Idham Nur Indrajaya
Gak Punya Quote Nih!
0SHARES