Seniman Ini Menggunakan Bayangan untuk Dijadikan Sketsa Gambar

09 Agustus 2017
|Idham Nur Indrajaya
1.2 KSHARES

Seniman adalah orang yang peka dan tajam dalam mengamati lingkungan sekitarnya. Pengamatan yang mendalam ini pada gilirannya dapat menjadi suatu pengalaman yang diartikulasikan menjadi sebuah karya seni. Semakin tajam pengamatan yang dilakukan oleh seniman, akan semakin besar juga kemungkinan yang dimiliki oleh seniman tersebut untuk menciptakan karya yang menakjubkan dan menarik perhatian banyak orang di sekitarnya.

Meskipun memang ada sebagian orang yang menciptakan karya seni bukan untuk dipertunjukkan dan menarik perhatian orang lain, pada kenyataannya gelar “seniman” itu sendiri merupakan pengukuhan yang diberikan oleh orang-orang di sekitar. Oleh karena itu, jika seseorang hendak menjadi seniman, orang itu perlu membuat suatu karya yang dapat membuat kemampuannya diakui oleh orang lain. Untuk itulah seniman menciptakan karya yang sifatnya interaktif.

Meskipun seni itu memberi ruang kebebasan bagi para penciptanya, pada kenyataannya bisa saja karya seni itu tidak dapat dinikmati oleh orang lain. Pasalnya, seperti halnya dengan berbicara, orang-orang harus mengikuti kaidah kebahasaan yang ditentukan oleh masyarakat umum. Maka dari itu, seniman pun harus memperhatikan pola pikir masyarakat tempat dia berkembang agar karya yang diciptakannya dapat dinikmati oleh orang-orang, namun tetap memperhatikan juga segi estetika yang menjadi kekhasan tersendiri dari karya yang hendak diciptakannya.

Seniman dan sineas asal Belgia bernama Vincent Bal, memiliki ciri khas dalam membuat suatu karya gambar yang sederhana dan bisa diterima oleh orang kebanyakan, namun dia memiliki ciri khas yang unik dengan mengombinasikan sketsa gambar yang dia buat dengan bayangan yang berasal dari objek sehari-hari. Dengan penataan cahaya yang tepat, Bal membuat sebuah bayangan menjadi sketsa gambar untuk karyanya. Nah, daripada nunggu lebih lama lagi, langsung aja kita kepoin di bawah ini!

1. Meskipun gambarnya terlihat sederhana, namun penggunaan bayangan menjadikan karya ini unik

2. Berhubung Vincent Bal terbiasa dengan pembuatan film, dia mahir dalam penataan cahaya

3. Daun yang terlihat rapuh pun bisa terlihat seperti bayangan orang dalam bentuk animasi

4. Cukup dengan menambah gambar orang yang sedang berlari, bayangan ini bisa jadi seni!

6. Rol film untuk foto yang dijadikan sebagai menara

7. Imajinasi Bal nampaknya cukup luas sehingga dia bisa membuat karya seperti ini

8. Tidak harus bayangan berwarna hitam untuk membuat karya-karyanya

9. Bayangan dijadikan seperti lampu sorot

10. Bermain dengan bayangan sisir

11. Apel jadi kepala lalat

12. Yang ini keren, bayangan tulisan bisa ditata menjadi seperti koran!

13. Bayangan dari botol bisa dibuat sedemikian rupa menjadi seperti jalanan

14. Bisa juga nih dibuat jadi sketsa gambar parasut

15. Salut sama kreativitasnya!

Karya-karya di atas menunjukkan bahwa seni pun bisa diciptakan dari benda-benda sederhana yang dapat kita temui sehari-hari. Tidak perlu rumit-rumit, yang penting punya ciri khas!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Idham Nur Indrajaya
Gak Punya Quote Nih!
1.2 KSHARES