Seni-seni Glow In The Dark Ini Bikin Gelap Tak Lagi Menyeramkan

06 Juni 2017
|Idham Nur Indrajaya
0SHARES

Ada dua jenis zat yang dapat membuat kandungan cat menjadi berwarna dalam gelap. Pertama adalah zat fosfor, lalu ada zat yang disebut fluoresens. Zat fosfor memiliki daya tahan yang lebih lama ketimbang fluoresens. Selain itu kandungan yang mengandung zat fluorosens dapat bercahaya jika ditimpa oleh sinar UV. Mungkin zat tersebut adalah zat yang digunakan dalam film Orphan (2009), di mana dalam film tersebut si anak yang ternyata adalah orang tua, melukiskan gambar-gambar rahasia yang dapat dimunculkan jika lampu UV dinyalakan.

Zat-zat yang berpendar dalam gelap ini pun digunakan oleh beberapa seniman untuk membuat karya mereka bisa tetap dinikmati baik dalam keadaan terang maupun gelap. Seni lukis yang tekniknya lebih dikenal dengan istilah bahasa Inggris-nya, yakni glow in the dark, dapat membuat tampilan visual yang diciptakan menjadi memiliki dua dimensi, yakni dimensi terang dan gelap.

Bahkan, dalam beberapa karya glow in the dark, orang yang menciptakannya lebih cenderung mengkhususkan karyanya dalam dimensi gelap yang memang digunakan untuk menghiasi situasi yang minim cahaya. Biasanya karya-karya ini digunakan untuk menghiasi kamar tidur yang biasanya digelapkan ketika si penghuni kamar hendak tidur.

Di bawah ini, teman-teman bisa melihat dekorasi, seni instalasi, dan karya lukis yang menggunakan cat glow in the dark sebagai komposisi karyanya. Langsung aja yuk, kita kepoin!

1. Lampu hias

Seniman bernama Jiang Pengyi, mencampur kandungan lilin dengan zat fluoresens untuk menciptakan objek-objek menjadi berpendar. Dia menamakan karyanya ini dengan judul “Everything Illuminates”.

2. Dekorasi kamar

Crispin Young Wilson, adalah seorang ahli reparasi perangkat keras server yang senang juga melukis. Saat temannya mengatakan bahwa anaknya tidak mau tidur di kamarnya sendiri, Wilson pun diminta untuk menghiasi kamar anak temannya itu agar terlihat lebih indah saat lampu dimatikan.

3. Dekorasi kamar 2

Bogi Fabian, seniman asal Hungaria, menggunakan lampu UV untuk memunculkan pendaran cahaya dari lukisan yang digunakannya untuk menghiasi kamar tidur. Dalam gambar di atas, kita dapat melihat bahwa Fabian melukiskan keindahan semesta luar angkasa yang dihiasi oleh objek-objek berpendar.

4. Lukisan glow in the dark

Cristoforo Scorpiniti membuat dua dimensi yang berbeda dari torehan cat di karya lukisnya. Kita dapat melihat bahwa bentuk langit antara karya di tengah cahaya dan di dalam kegelapan memiliki bentuk yang berbeda.

5. Mobil Ferrari

Fabien Oefner, seniman asal Swiss, mengunjungi markas Ferrari di Italia. Dia mendekorasi tampilan warna salah satu mobil Ferarri di sana dengan akselerasi semprotan secepat 150 mil per jam untuk memberikan nuansa “kecepatan” dan “akselerasi” pada mobil yang dicatnya.

6. Skate park

Evertro adalah skate park pertama di Inggris yang dapat mengeluarkan cahaya saat malam hari. Pengecatan skate park ini dilakukan oleh seniman asal Korea bernama Koo Jeong A.

7. Lukisan pantai

Pemandangan pantai ini diperindah dengan sentuhan cat glow in the dark dengan menggunakan adegan dalam film Contact (1997) sebagai referensinya. Seniman yang bertanggung jawab atas karya yang indah ini bernama Frank Wilson.

Ternyata cat yang bisa berpendar dalam cahaya ini bisa dibuat sendiri dengan mudah lho. Paling penting, harus ada bahan-bahannya yang sesuai dengan pilihan. Penasaran ingin coba?


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Idham Nur Indrajaya
Gak Punya Quote Nih!
0SHARES