Selain Buat Wadah Nasi Kotak,7 Kreasi Unik Styrofoam ini Bisa Kamu Coba!

24 Oktober 2017
|Reza Pratama
0SHARES

Styrofoam atau biasa yang lebih dikenal dengan gabus memang sering dijadikan seabagai wadah makanan. Bahannya yang halus, ringan, serta mudah dibentuk membuat styrofoam dipilih menjadi bahan untuk membuat berbagai macam wadah. Walaupun memiliki banyak fungsi, styrofoam atau ada juga yang disebut busa memiliki sisi negatif yang bisa berdampak kurang baik bagi lingkungan. Pasalnya, styrofoam merupakan salah satu bahan yang sulit terurai oleh tanah. Bahkan butuh ratusan tahun untuk bisa mengurai styrofoam. Kebayang kan jika sampah styrofoam ada di mana-mana? Tentu sangat tidak baik bagi kelestarian lingkungan. 

Tak hanya limbahnya saja yang tidak baik bagi lingkungan sekitar, styrofoam juga tidak bagus digunakan sebagai wadah makanan yang memiliki suhu panas. Karena zat-zat kimia yang ada pada styrofoam bisa ikut menyatu dengan makanan panas yang ada di dalamnya. Harganya yang relatif murah, membuat styrofoam banyak digunakan untuk berbagai macam kebutuhan. Beberapa perusahaan luar negeri juga sudah mulai memanfaatkan limbah styrofoam menjadi barang yang bisa digunakan kembali, sebagai bentuk mengurangi limbah styrofoam yang ada di lingkungan. 

Berbeda dengan di Indonesia yang mendaur ulang limbah styrofoam menjadi styrofoam kembali. Untuk mengurangi menumpuknya limbah styrofoam di lingkungan kita, salah satunya adalah dengan cara mendaur ulang dan membuat styrofoam menjadi benda yang bisa dipakai kembali. Walaupun memiliki sisi negatif, styrofoam juga masih memiliki banyak kegunaan. Terlebih lagi jika kita bisa memanfaatkannya menjadi sesuatu yang lebih berguna untuk kehidupan sehari-hari. Nah, berikut beberapa kreasi unik styrofoam yang sangat kreatif!

1. Dijadikan sebagai lampu gantung guna mempercantik ruangan

2. Bisa digunakan sebagai vas bunga

3. Perahu kecil dari styrofoam

5. Bisa menjadi media printing

6. Hiasan lampu cantik yang dibuat dari gelas styrofoam

Sesuatu yang memiliki sisi negatif pun bisa menjadi sesuatu yang lebih berguna jika kita membuatnya dengan kreativitas. Tak selalu harus berakhir di tempat sampah atau di sungai, styrofoam juga bisa menjadi pajangan yang bisa mempercantik rumah. Hal ini juga bisa menjadi solusi untuk mengurangi limbah styrofoam yang kurang baik bagi kelestarian lingkungan. Jadi, mau mencoba kreasi unik styrofoam di atas? Tapi ingat ya, untuk membuat kreasi unik styrofoam, gunakan styrofoam bekas, jangan yang baru. Karena kalau menggunakan yang baru, sama saja kita menambah jumlah sampah styrofoam nantinya!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Reza Pratama
"Hidup seperti Larry!"
0SHARES