Resep Brokoli Kukus dengan Berbagai Kombinasi Saus yang Akan Menggoda Lidah

17 Juli 2017
|Faizah Pratama
0SHARES

Belakangan, banyak orang yang menjadikan brokoli sebagai menu makanannya. Padahal, sayuran ini dulunya tidak begitu akrab dengan dapur mayoritas masyarakat Indonesia. Hal ini seiring dengan melejitnya popularitas brokoli sebagai super food atau makanan yang memiliki banyak nutrisi. Tak sedikit pakar gizi yang menyarankan konsumsi sayuran ini untuk program diet ataupun alasan kesehatan lain.

Memasaknya pun lebih baik  dengan cara dikukus agar nutrisi tidak banyak berkurang. Namun ada orang yang memandang rasa brokoli kukus tidak enak bahkan bagi beberapa lidah terasa pahit. Sebenarnya kamu dapat menyiasati hal ini dengan mengombinasikan brokoli kukus dengan berbagai saus. Nah, beberapa saran resep brokoli kukus berikut mungkin dapat kamu coba.

1. Resep brokoli dengan saus telur asin yang gurih

Penyajiannya cukup mudah. Telur asin yang dilumatkan ditumis dengan bawang putih dan tambahan lada serta ditambah air. Bisa langsung dicampurkan langsung ataupun disiramkan di atasnya.

 

2. Nikmatnya brokoli saus putih

Mungkin ada yang belum tahu saus putih. Saus asal Perancis ini terbuat dari campuran mentega, susu, garam, dan lada. Beberapa orang mungkin suka menambahkan ayam.

 

3. Brokoli sambal kacang yang legit

Indonesia banget nih! Bumbu kacang yang pedas, manis, dan gurih bisa kamu jadikan pasangan untuk brokoli kukus. Resep brokoli ini tentunya akrab di lidah kita.

4. Brokoli saus keju yang menggoda

Pesona salah satu olahan susu ini memang sulit dihindari. Lembutnnya saus keju berpadu dengan brokoli kukus akan menciptakan sensasi gurih manis yang nikmat.

5. Shrimp sauce yang kaya rasa

Mungkin kalian asing dengan saus ini, jangan salah memahaminya. Shrimp sauce bukanlah saus yang terbuat dari udang tetapi saus yang biasa dimakan sebagai pendamping udang. Biasanya terbuat dari mayonnaise, gula, bubuk paprika, bawang putih bubuk, dan lada. Jika suka dapat juga ditambahkan saus pedas.

6. Brokoli saus madu yang manis

Resep brokoli ini terbuat dari kecap asin, bawang putih, madu, dan minyak zaitun menjadi perpaduan sehat untuk memperkaya nutrisi brokoli.

7. Brokoli saus pedas

Sensasi makanan pedas memang tak dapat diabaikan. Pedasnya saus sambal, ditambah garam, merica bubuk, gula, dan minyak zaitun bisa memenuhi hasratmu untuk makan pedas.

Makan sehat belum tentu tidak enak, tergantung bagaimana kreativitas kita dalam memasak. Brokoli yang hambar bisa kamu sulap menjadi kaya rasa dengan varian resep brokoli ini. Bagaimana? Tampak nikmat bukan?


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Faizah Pratama
"Di mana-mana hatiku senang!"
0SHARES