Punya Barang Bekas? Jangan Dibuang Dulu, Bikin Kerajinan Tangan Yuk!

qlapa.com

Pernah nggak sih kamu gabut banget dan punya banyak barang bekas di rumah tapi nggak punya ide mau diapain? Dibuang, sayang. Nggak dibuang, menuh-menuhin ruangan. Nah, mending jangan dibuang dulu. Kamu bisa mengubahnya jadi lebih berharga dan bukan buat hiasan doang, tapi benar-benar bisa dipakai di rumah. Seperti ini contohnya.

1. Stik es krim bekas untuk tempat sikat gigi

www.instagram.com

Kayaknya ini cocok banget ya buat anak kos yang nggak punya tempat menaruh alat mandi yang layak. Kamu cuma membutuhkan satu stik es krim, lem tembak, dan double tape. Pertama, buat lingkaran seukuran sikat gigi dengan menggunakan lem tembak. Lalu rekatkan lingkaran itu di stik es krim dengan lem lagi. Di sisi sebaliknya, tempel double tape untuk perekat ke dinding. Voila! Tempat sikat gigi baru sudah jadi.

 

2. Kreasi berbagai baju bekas

www.instagram.com

Rok kependekan, kaos udah melar, bisa dibikin baju yang serasa baru lagi dengan mengikuti cara yang ada di video di atas. Rok bisa jadi crop top yang cantik banget, dress berbahan kaos bisa jadi kaos fringe, dan masih banyak lagi. Jadi nggak perlu beli baju baru deh!

3. Kaos kaki jadi tempat pensil lucu

www.instagram.com

Punya kaos kaki berbahan cukup tebal di rumah tapi udah nggak nyaman dipakai? Lucu tuh dibikin tempat pensil. Tinggal dipotong ujungnya, lalu dilem, pasang resleting dan tambahkan mata di bagian luar. Jadi deh tempat pensil gemas!

4. Pot bunga vintage dari kaleng bekas

www.instagram.com

Punya kaleng bekas sarden atau susu? Bisa lho buat bikin pot ala-ala vintage gitu. Tinggal dicat putih, sediakan tali rami untuk mengikat hati dari koran, kasih tanah dan tanamannya. Bisa kaktus kecil, bisa bunga, tergantung kesukaanmu dan ukuran kaleng aja.

5. Gantungan mug dan sarung tangan dari hanger dan rolling pin
www.instagram.com

Punya hanger kayu atau penggiling adonan yang buat meratakan adonan sebelum dicetak dan sudah nggak terpakai? Bisa banget lho bikin gantungan unik buat cangkir lucu di dapur atau apa aja yang ringan-ringan seperti celemek dan sarung tangan oven mungkin? Caranya, buat lubang di bagian bawah hanger, sematkan gantungan-gantungan kecil dan voila! Sudah jadi!

6. Tempat serbaguna dari botol plastik bekas
www.instagram.com

Botol plastik bekas shampo bisa berguna juga lho buat menyimpan sikat-sikat pembersih di dapur, sarung tangan, atau serbet. Caranya tinggal dipotong sesuai arahan di video, dicat, lalu beri gantungan. Bye-bye dapur berantakan!

7. Sarung bantal kekinian dari kaos bekas. Wow!

www.instagram.com

Kaos kedodoran jangan dipakai terus. Bikin malu. Mending jadiin sarung bantal aja! Caranya, dicuci bersih dulu, baru deh dipotong seperti yang ada di video di atas. Jangan lupa jahit pinggir-pinggirnya supaya lebih awet. Asyik sarung bantal baru!

8. Lampion buat kamar tumblr ala-ala dari jar bekas

www.instagram.com

Dari gelas bekas juga bisa bikin begini kok. Tinggal siapkan gliter atau manik-manik untuk penghias dan kawat untuk menggantung. Jadi deh! Asyik kamarnya udah ala-ala Tumblr.

9. Berbagai kerajinan dari botol plastik bekas

www.instagram.com

Punya banyak botol air mineral bekas di rumah? Jangan dibuang! Kamu bisa bikin keranjang mainan sampai meja lho hanya dari botol bekas. Nggak percaya? Simak aja videonya. Daripada dibuang, jadi sampah nggak terurai ribuan tahun? 

10. Serba serbi pembatas buku dan penahan buku
www.instagram.com

Punya boneka Barbie yang sudah nggak pernah tersentuh dan mainan lain yang semakin nggak berguna? Intip video di atas buat menjadikannya berguna kembali. 

Tuh kan kata siapa barang bekas nggak bisa digunakan untuk jadi barang-barang kerajinan bagus dan berguna? Bisa kok, asal kamu tahu caranya. Selamat berkreasi!

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Komunitas Indonesia Tanpa Pacaran Malah Dijadikan Ladang Guyonan Bagi Netizen. Mohon Tidak Baper, ya! - Keepodotme

Komunitas Indonesia Tanpa Pacaran Malah Dijadikan Ladang Guyonan Bagi Netizen. Mohon Tidak Baper, ya! - Keepodotme

11 Realita Kocak di Balik Foto yang Cetar Membahana. Nggak Nyangka Kayak Gini

11 Realita Kocak di Balik Foto yang Cetar Membahana. Nggak Nyangka Kayak Gini

Sneakers Serba Pink buat Cewek Girly nan Kalem - Keepodotme

Sneakers Serba Pink buat Cewek Girly nan Kalem - Keepodotme

Bukan Lukisan Apalagi Editan, Karya Seni Ini Dibuat dengan Cara yang Tak Disangka

Bukan Lukisan Apalagi Editan, Karya Seni Ini Dibuat dengan Cara yang Tak Disangka

6 Manfaat Minyak Zaitun Untuk Rambut Berketombe. Mujarab Banget! - Keepodotme

6 Manfaat Minyak Zaitun Untuk Rambut Berketombe. Mujarab Banget! - Keepodotme

Kayak Mainan Anak, 10 Alat Dapur Ini Justru Bikin Ibu-ibu Bahagia Pas Masak

Kayak Mainan Anak, 10 Alat Dapur Ini Justru Bikin Ibu-ibu Bahagia Pas Masak

loading