Perbandingan Gambar Ini Membuktikan Bahwa Ketekunan Pasti Akan Membuahkan Hasil

17 Juli 2017
|Idham Nur Indrajaya
0SHARES

Kemampuan setiap manusia itu akan berkembang jika terus diasah secara konsisten. Bahkan, orang yang dilahirkan dengan bakat alami yang menyertainya, tidak akan mampu mengembangkan bakatnya itu dengan baik jika mereka malas untuk mengasah kemampuannya secara terus-menerus. Hidup ini memang ibarat video game RPG yang mengharuskan kita untuk kerap kali mengembangkan kemampuan kita dengan pengalaman yang akan meningkatkan kualitasnya.

Hal itu pun berlaku dalam kemampuan berkesenian. Setiap seniman handal yang berada di muka bumi ini tidak mungkin menghasilkan mahakarya mereka secara begitu saja tanpa latihan yang harus mereka lewati selama bertahun-tahun. Misalnya, Vincent Van Gogh tidak mungkin tiba-tiba menghasilkan karya besarnya yang berjudul “The Starry Night” tanpa melalui penempaan bakat lukisnya dalam rentang waktu tertentu.

Masalahnya, tidak semua orang bisa melakukan hobinya secara konsisten dan mengembangkan hobinya itu untuk menjadi bakat yang diasahnya. Hal itu berkaitan dengan padatnya arus informasi yang bergantian dalam waktu singkat sehingga hobi-hobi yang tengah melanda di masyarakat pun selalu berganti-ganti. Waktu yang terlalu singkat itu kadangkala dapat membuat orang-orang tidak dapat mengasah kemampuan yang dimilikinya secara maksimal karena waktu adalah hal yang sangat esensial dalam pengalaman eksplorasi diri. Tanpa ada waktu yang memadai, bakat terpendam pun bisa saja tidak lagi diekspresikan sebagaimana mestinya. Memang diperlukan suatu ketekunan dan konsistensi yang tinggi agar kita dapat mengembangkan kemampuan kita dengan proses yang berangsur-angsur dan tentunya hal itu tidak bisa kita peroleh dalam waktu yang terlalu singkat.

Saat ini, ada sebuah challenge di internet bernama “Draw This Again Challenge” yang ramai diikuti oleh para ilustrator seni rupa. Challenge ini merupakan tantangan bagi orang-orang yang hobi menggambar untuk menggambar ulang karya mereka yang pernah mereka garap di waktu lampau. Di bawah ini, kamu bisa melihat beberapa perbandingan gambar yang dibuat oleh orang yang sama, namun dibuat dalam rentang waktu yang berbeda dalam rangka menjawab tantangan “Draw This Again Challenge”. Langsung aja yuk, kita kepoin!

1. Perbandingan gambar yang dibuat oleh user bernama Jademere

2. Perbandingan gambar potret diri yang dibuat oleh user bernama Miles

3. Perbandingan gambar yang dibuat oleh user bernama ItsmeHoswa

4. Perbandingan gambar yang dibuat oleh user bernama Laura Browers
5. Perbandingan gambar yang dibuat oleh user bernama Serafleur

6. Perbandingan gambar yang dibuat oleh user bernama Zarydoesart

8. Perbandingan gambar yang dibuat oleh user bernama Nat DeMenthon

9. Perbandingan gambar yang dibuat oleh user bernama Rifal Jaelani

10. Perbandingan gambar yang dibuat oleh user bernama Ania Ania

11. Perbandingan gambar pertama kalinya menggunakan komputer dengan gambar tahun 2017 yang dibuat oleh user bernama Eridey

12. Perbandingan gambar yang dibuat oleh user bernama ximbixill

13. Perbandingan gambar yang dibuat oleh user bernama Kate Fox

14. Perbandingan gambar yang dibuat oleh user bernama oneKATIE

Perbandingan-perbandingan gambar di atas menunjukkan bahwa keahlian itu bukan lahir begitu saja, melainkan membutuhkan ketekunan dan kekonsistenan agar keahlian itu dapat berkembang.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Idham Nur Indrajaya
Gak Punya Quote Nih!
0SHARES