Lewat Seni, Para Seniman Jalanan Ini Mengkritik Negara

www.notagila.com

Ketika kamu sedang berpergian, pasti kamu pernah lihat coretan-coretan di jalanan. Untuk sebagian orang, mungkin tulisan-tulisan seperti itu mengganggu pemandangan. Namun, ternyata coretan-coretan ini kalau kita perhatikan dengan seksama, punya nilai yang lebih berharga dari itu. Coretan atau visual jalanan ini menjadi media yang cukup ampuh untuk meneriakkan masalah-masalah sosial yang ada di sekitar kita, di negara kita. Dengan kata lain, coretan itu adalah kritik sosial yang bisa dibilang ampuh karena orang-orang yang melihatnya bisa saja berasal dari berbagai kelas sosial.

Visual jalanan tuh kayak teriakan bocah kampung yang minta dibelikan baju oleh bapaknya tapi bapaknya sibuk berjudi. Nah, makanya tuh bocah teriak sekencang-kencangnya biar tetangga, Pak RT dan Pak RW dengar keluhan si anak kecil. Kali ini YuKepo sudah merangkum beberapa visual jalanan yang harus kamu baca, resapi dan renungi. Gambar-gambar di bawah ini sekilas memang tampak kumuh, tapi kalo dibaca dengan baik, kekumuhannya itu bakal hilang ditelan kedalaman maknanya. Cekidot!

1. Sebelum semuanya menjadi gedung, sebelum semuanya menjadi lahan bisnis, kita harus sisakan tanah untuk tanaman! Hidup kaum tani!

beritadaerah.co.id

2. Buat kamu yang sukanya mengkritik lewat media sosial tanpa pernah turun ke lapangan, silakan tenggelamkan diri ke laut!

manestodeagusto.blogspot.co.id

3. Selama kita masih punya tenaga, masih diberi kesehatan, buat apa kita terus menunggu dan berharap mendapatkan bantuan dari negara? Kerja!

www.notagila.com

4. Waduh ini mural dari The Popo, nyentil banget yak? Protes sosial buat fenomena penggusuran nih

www.harnas.co

5. Dasar manusia sombong, dia pikir tanah di bumi adalah miliknya, dia lupa kalo semua ini cuma titipan Tuhan

ganlob.com

6. Tugas kita sebagai warga negara ya cuma satu, mengawasi pemimpin yang sering menelan ludahnya sendiri

ganlob.com

7. Atas nama pembangunan, pohon-pohon disingkirkan! Konon, semua dilakukan untuk mengurangi kemacetan, kamu setuju?

dibukageniusmendadak.blogspot.co.id

8. Iyalah, hidup mah cuma main-main doang, gak usah serius-serius amat, nanti bisa gila

www.merdeka.com

9. Lemesin aja jangan dilawan, taro prinsip ini ke dalam otakmu, dijamin kamu bakal bahagia

www.instagram.com

10. Buat para pemimpin negara, jangan cuma janji manis saja, kami butuh bukti bukan janji!

manestodeagusto.blogspot.co.id

Biar kata coretan-coretan di atas itu melanggar aturan, namun pada akhirnya makna yang terkandung mampu menghapuskan kesalahan yang ada. Visual jalanan kayak di atas mampu  mengkritik dan menampar kita yang selalu diam terhadap masalah-masalah sosial yang ada di sekitar kita. 

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Kisah Lengkap Penemuan 4 Guci Emas Puluhan Kilogram Di Klaten, Sempat Ada Kilatan Cahaya Dari Langit | Keepo.me

Kisah Lengkap Penemuan 4 Guci Emas Puluhan Kilogram Di Klaten, Sempat Ada Kilatan Cahaya Dari Langit | Keepo.me

3D Street Art Karya Edgar Mueller Ini Sangat Fantastis dan Bikin Heran

3D Street Art Karya Edgar Mueller Ini Sangat Fantastis dan Bikin Heran

Tak Dituruti Beli Motor Sport, Seorang Pemuda Nekat Robohkan Rumah | Keepo.me

Tak Dituruti Beli Motor Sport, Seorang Pemuda Nekat Robohkan Rumah | Keepo.me

Inilah Deretan Robot Hebat Buatan Anak Bangsa yang Mengharumkan Nama Indonesia

Inilah Deretan Robot Hebat Buatan Anak Bangsa yang Mengharumkan Nama Indonesia

Ma'ruf Amin Mengaku Tak Tahu dan Tak Dilibatkan Terkait Izin Investasi Miras Jokowi | Keepo.me

Ma'ruf Amin Mengaku Tak Tahu dan Tak Dilibatkan Terkait Izin Investasi Miras Jokowi | Keepo.me

Kumpulan Sarung Bantal Unik Ini Bisa Bikin Senyum Sebelum Tidur!

Kumpulan Sarung Bantal Unik Ini Bisa Bikin Senyum Sebelum Tidur!

loading