Kreativitas Tingkat Dewa! Seniman Ini Ubah Tumpahan Kopi Jadi Lukisan Indah!

07 November 2017
|Lulu Lukyani
0SHARES

Sekarang ini makin banyak bermunculan penggila kopi di dunia. Hal itu pula yang mempengaruhi perkembangan industri kopi di segala lini, mula dari petani kopi, tengkulak kopi, distributor kopi, kedai kopi, dan peminum kopi itu sendiri. tapi tren kopi tidak hanya mempengaruhi sektor-sektor tadi. Kegilaan kopi juga memunculkan ide-ide brilian di kepala orang-orang kreatif.

Gimana gak dibilang kreatif, ampas atau tumpahan kopi yang biasanya dibuang gitu aja, buat seorang seniman asal Amerika menjadi sangat penting. Dari sisa minuman kopi itu dia buat menjadi karya seni lukis yang begitu indah. Selain itu, hasil karya lukisnya tersebut dijual dengan harga yang lumayan tinggi, paling gak bisa beli kopi di kedai kopi selama satu bulan penuh. Penasaran kan siapa seniman yang cerdas ini? Mau tau juga kan kayak gimana hasil karyanya melukis dari sisa minuman kopi? Yukepo udah nyiapin infonya nih buat kamu. Langsung aja yuk kita kepoin!

Namanya Jon Norquist, seorang seniman asal AS yang memanfaatkan tumpahan kopi menjadi lukisan yang bernilai tinggi. Jika biasanya tumpahan kopi atau minuman lainnya dianggap mengganggu sehingga cepat-cepat dilap, tidak begitu yang dilakukan Jon, dia justru melihat keunikan dari kopi yang tumpah.

Ide kreatif Jon bermula ketika adik iparnya membelikan istrinya sebuah ketel yang rancangan bibirnya buruk. Setiap kali istrinya menggunakan ketel tersebut untuk menuang minuman, pasti ada saja yang tumpah. Suatu hari Jon menggunakan ketel tadi untuk menyeduh kopi. Ketika menuangkan kopi ke gelas, seperti biasa ada yang tumpah ke lantai, namun saat Jon memperhatikan tumpahan kopi di lantai secara lebih mendalam, ia melihat keindahan serta keunikan dari bentuk tumpahan kopi tersebut. Sejak saat itulah ia mulai mencoba secara sengaja menumpahkan kopi ke kanvas dan membentuknya menjadi lukisan tumpahan kopi yang indah.

Ketika diwawancara media, Jon menjelaskan teknik melukis menggunakan tumpahan kopi hingga menjadi lukisan yang indah. Sebelum ditumpahi kopi, kanvas dicat terlebih dahulu menggunakan cat akrilik berwarna putih supaya muncul kontras warna kopi dengan warna kanvas. Kemudian Jon mulai membentuk tumpahan kopi itu sesuai dengan gagasannya, atau tidak jarang juga ia menggunakan sketsa yang sudah digambarnya terlebih dulu. Menurutnya, proses menumpahkan kopi ke kanvas merupakan bagian yang paling menegangkan, dia harus sangat berhati-hati agar kopi yang ditumpahkannya tidak mengenai bagian kanvas yang sengaja dibiarkan putih.

Jika kopi yang dituang sudah ditumpahkan sesuai dengan idenya, Jon akan menambah tegas garis batas kopi dengan menggunakan tinta. Inilah proses yang paling membosankan menurut Jon. Proses ini bisa berlangsung seharian penuh, Jon akan benar-benar memastikan agar tidak ada detil-detil yang terlewat sedikitpun.

Kini hasil karyanya semakin banyak diburu para penikmat lukisan, tidak jarang juga para pembelinya berasal dari orang-orang yang menggilai kopi, atau sengaja membeli lukisan Jon untuk dipajang di kedai kopi miliknya. Harga lukisan Jon dibandrol ratusan dolar amerika. Kalau kamu penasaran dan siapa tau berminat membeli lukisan tumpahan kopi karya Jon, kamu bisa lihat-lihat dulu karya-karyanya di galeri digitalnya www.coffeeoncanvas.com

Nah, itu dia lukisan dari sisa minuman kopi yang keren-keren banget. Kreatif banget ya. Ternyata dari sesuatu yang selama ini kelihatannya gak berguna mampu menghasilkan sesuatu yang bernilai tinggi jika diolah oleh pikiran kreatif. Mulai sekarang gak mau asal buang ah!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Lulu Lukyani
Gak Punya Quote Nih!
0SHARES