Keren! Permen-permen Ini Disajikan dengan Seni Pahat yang Menakjubkan

26 Juli 2017
|Idham Nur Indrajaya
0SHARES

Terkadang, rasa dari suatu produk makanan atau minuman bukan satu-satunya faktor penting. Penyajian pun merupakan hal yang harus diperhatikan agar produk itu dapat menarik perhatian dari para konsumen. Artinya, para ahli masakan pun tidak hanya harus berkutat di dalam resep-resep makanan saja, melainkan juga harus memahami estetika seni yang akan mendukung keindahan dalam penyajian suatu produk yang mereka buat.

Kebutuhan yang terkait dengan pengetahuan akan estetika seni itu sangat penting sekali dalam dunia kuliner. Pasalnya, saat ini sudah tak terhitung berbagai produk makanan dengan berbagai varian yang sudah tak terhitung. Agar produk yang dibuat dapat bersaing dengan produk-produk lain yang banyak jumlahnya, diperlukan suatu keunikan dalam tampilan produk itu sendiri agar produk dapat terkesan berbeda dengan produk lainnya. Hal itu pada gilirannya akan mengukuhkan identitas yang kuat pada produk itu sendiri.

Bahkan, saat ini sudah ada jenis seni yang berasimilasi dengan penciptaan produk makanan atau minuman. Dalam dunia kopi, ada yang disebut sebagai latte art, yakni seni penyajian kopi yang menampilkan motif-motif indah di bagian permukaan kopi. Di dunia permen, ada yang disebut seni ukiran gula yang dikenal dengan candy art.

Seni mengukir permen atau candy art berawal di Jepang, yang dikenal dengan istilah amezaiku. Cara kerjanya adalah dengan mengukir gula-gula dalam beragam warna yang dibuat dengan bentuk tertentu dan diukir dengan menggunakan berbagai peralatan seperti jepitan dan gunting.  Seni ini pada awalnya digunakan di benteng Kyoto, dan berkembang secara populer di zaman Edo. Setelah melampaui bertahun-tahun lamanya, seni ini pun diikuti perkembangannya di berbagai negara.

Membuat seni ukir pada permen ini tentunya tidak mudah. Sama halnya dengan seni-seni lainnya, candy art membutuhkan pengetahuan dan pengalaman yang sangat banyak untuk menghasilkan karya yang benar-benar indah. Di bawah ini, kamu bisa lihat beberapa gambar yang menunjukkan karya-karya candy art yang nampak menakjubkan. Langsung aja yuk, kita kepoin!

1. Permen berbentuk burung merak

2. Permen ini benar-benar dibuat sama ukurannya dengan manusia lho

3. Sayang nggak sih kalau dimakan?

5. Replika dari terumbu karang di bawah laut

6. Replika dari seorang anak kecil yang dijadikan budak. Mau makan juga jadi nggak tega!

7. Orang yang di belakang bukan permen yah!

9. Kalau sebesar ini, butuh berapa lama ya buatnya?

10. Membuat dunia fantasi dengan permen

 

Gimana? Keren-keren kan seni-seni permen di atas? Kelihatannya sayang banget kalau dimakan!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Idham Nur Indrajaya
Gak Punya Quote Nih!
0SHARES