Keren! Karya-karya Graffiti 3D Ini Terlihat Seperti Melayang di Udara!

29 Juli 2017
|Idham Nur Indrajaya

Pembuatan graffiti yang biasanya terjadi di kota-kota sering kali dikaitkan dengan tindakan kriminal. Padahal, pengecapan kriminal dalam kasus ini adalah masalah perspektif yang dipengaruhi oleh kondisi sosial dan politik. Graffiti dan mural memiliki konsep yang hampir sama meskipun pada kenyataannya dua bidang itu memiliki perbedaan satu sama lain. Graffiti adalah karya yang berupa tulisan, sedangkan mural adalah karya yang berupa gambar. Meskipun begitu, keduanya memiliki tujuan yang sama di awal kemunculannya, yakni untuk menyatakan protes terhadap lingkungan sosial dengan menjadikan fasilitas umum sebagai objek.

Meskipun begitu, saat ini graffiti dan mural sudah berkembang dengan tujuan yang berbeda-beda, terlihat dari beberapa coretan di tembok yang terdapat di lingkungan umum sekitar kita yang lebih menyuarakan eksistensi diri tanpa bermuatan kritik sama sekali. Selain itu, seni graffiti dan mural pun sudah berkembang menjadi bukan lagi hanya sekadar sebagai seni jalanan, namun seni yang bahkan dapat dimasukkan ke dalam ruang pameran tertentu.

Di bawah ini, kamu bisa lihat beberapa karya dari seniman graffiti yang sudah menampilkan karya-karyanya di berbagai pameran karena kemahirannya. Seniman bernama Sergio Odeith yang berasal dari Portugis ini memiliki kelihaian dalam membuat graffiti yang terlihat seperti mengambang di udara dengan teknik penggambaran tiga dimensi. Dengan menorehkan cat di tembok yang menyudut, dia mampu membuat karya-karya spektakuler yang luar biasa dan terlihat seperti timbul dari dinding. Langsung aja yuk, kita kepoin karya-karyanya di bawah ini!

1. Jendela di kedua sisi tembok itu digambar juga, lho!

2. Penempatan bayangannya pas banget!

3. Menyindir lingkungan sosial dengan graffiti 3D yang spektakuler

4. Kalau yang ini dibuat di empat sisi bidang datar

6. Jadi berasa ada patung buaya!

7. Graffiti yang menggambarkan orang yang lagi bikin graffiti

8. Kalau yang ini mural, soalnya berupa gambar

9. Tembok untuk media gambarnya yang mana tuh?

Gambar-gambar di atas menunjukkan bahwa seni jalanan adalah sesuatu yang potensial untuk dikembangkan kualitasnya. Kalau terlihat indah, orang-orang pun akan berminat untuk memperhatikan dan mungkin dapat memahami gagasan yang ditorehkan oleh para seniman jalanan.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
100 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Idham Nur Indrajaya
Gak Punya Quote Nih!
SHARES