Keren! Furnitur Rumah yang Cantik dan Bisa Dilipat Ini Bisa Bantu Menghemat Ruang!

13 Oktober 2017
|Idham Nur Indrajaya
46SHARES

Berbagai perabotan rumah memang seringkali membuat tempat tinggal kita terasa sempit. Akan tetapi dengan membanjirnya iklan-iklan produk dan ditambah dengan kebutuhan yang dirasa memang perlu, akhirnya orang-orang pun seringkali sulit menahan diri untuk membeli pelbagai perabotan untuk mengisi kediaman mereka. Di sisi lain, ruangan yang lebih sempit karena perabot pun bisa membuat orang di dalamnya menjadi lebih mudah terkena stress. Sekecil apapun kediaman kita, selama ruang di dalamnya terasa lega karena perabotan di dalamnya tidak terlalu memenuhi tempat, akan menjadi sesuatu yang positif bagi kesehatan mental kita.

Untuk mengatasi masalah ini, seorang desainer furnitur kontemporer dari Belanda bernama Robert van Embricqs pun merancang berbagai perabot rumah tangga yang dapat dilipat menjadi bidang datar sehingga pemakaiannya tidak akan memakan terlalu banyak ruang. Embricqs menyebut koleksi rancangannya itu dengan nama: “Rising Furniture”. Nama itu memang terdengar cocok untuk rancangan-rancangan yang dibuat oleh Embricqs. Pasalnya, furnitur yang dibuatnya memang baru benar-benar dapat berfungsi sebagai furnitur saat ada bagian tertentu yang diangkat ke atas.

Kursi, meja, dan mangkuk yang dibuat oleh Embricqs, awalnya hanyalah sepotong bambu datar. Dengan mengukir dan membuat struktur yang akan menjadi 'fondasi' dari karyanya, Embricqs telah berhasil mengembangkan inovasi baru dalam perancangan perabotan rumah. Jika diibaratkan, karya-karyanya ini terlihat seperti bunga yang sedang menguncup, lalu memekar saat hendak digunakan oleh pemakainya.

Embricqs menganalogikan karya-karyanya sebagai bentuk kolaborasi antara material furnitur yang digunakan dengan manusia pada umumnya. Manusia, menurut Embricqs tidak dapat diprediksi dan selalu berubah-ubah seiring dengan waktu. Karya-karya Embricqs pun menggunakan gagasan itu sebagai konsep pembangunnya. Furnitur yang dirancangnya tidak dapat benar-benar terlihat fungsinya kecuali jika ada sentuhan yang memberinya perubahan.

Perabot yang dirancang oleh Embricqs sudah pernah diikutsertakan dalam berbagai pameran internasional. Kursi lipat yang dirancangnya pun bahkan berhasil memenangkan penghargaan di Red Dot Design Award. Kalau punya perabot sejenis ini, orang-orang bisa menghemat penggunaan ruang di rumahnya dengan perabot yang tidak makan tempat. Di tengah-tengah zaman yang pemukimannya kian menyempit seperti sekarang ini, tampaknya perabot rancangan Embricqs adalah solusi yang cukup tepat. Gimana? Apakah kamu ingin memiliki furnitur keren seperti karya Embricqs ini?


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Idham Nur Indrajaya
Gak Punya Quote Nih!
46SHARES