Keren! Burung Mainan Ini Benar-benar Bisa Terbang Tanpa Mesin!

15 Oktober 2017
|Idham Nur Indrajaya
0SHARES

Dewasa ini, orang-orang sangat menyukai berbagai permainan yang terdapat pada gadget atau gawai seperti smartphone, tablet, komputer, konsol video game, dan permainan-permainan elektronik lainnya. Meskipun ada beberapa permainan yang memang bermanfaat untuk melatih kemampuan otak, pada kenyataannya permainan yang ada dalam gawai-gawai modern akan mengurangi waktu seorang anak untuk bermain keluar dan bersosialisasi secara langsung dengan anak-anak sebayanya. Fenomena ini sebenarnya sangat mengkhawatirkan karena bisa-bisa seorang anak malah cenderung terlalu individualis karena kemampuan sosialnya kurang terlatih dengan baik.

            Untuk mengurangi dampak negatif dari perkembangan teknologi dalam bidang permainan dan hiburan, pengembangan inovasi dalam industri mainan yang bisa dimainkan di luar rumah dan dimainkan secara manual adalah suatu hal yang diperlukan. Sejak abad ke-15, orang-orang sudah menyukai berbagai mainan yang mengandalkan angin, seperti kincir angin, layang-layang, pesawat kertas, dan berbagai mainan lainnya.

Untuk melestarikan tradisi permainan anak sekaligus untuk merangsang orang-orang untuk lebih sering bermain di luar, seorang desainer bernama Emily Fischer pun mendesain sebuah burung mainan yang benar-benar bisa terbang dalam durasi waktu yang cukup lama tanpa harus menggunakan bantuan mesin. Tentunya burun mainan ini berbeda dengan pesawat kertas yang hanya bisa mengudara dalam waktu singkat, apalagi jika sedang tidak ada banyak angin.

Burung mainan yang dikreasikan sendiri oleh Fischer ini dinamainya “Flying Martha Ornithopter”. Martha adalah burung terakhir dari spesies merpati penumpang (Ectopistes migratorius) yang mati pada tahun 1914. Saat ini, spesies merpati penumpang sudah punah, dan Fischer pun menamai karyanya dengan nama “Martha” untuk mengenang kepunahan hewan tersebut.

Cara memainkan burung mainan yang terbuat dari bambu dan kertas mulberry ini ternyata cukup mudah. Cukup dengan memutar lilitan karet yang berada di tengah badan Martha, setelah itu tinggal dilemparkan ke udara seperti halnya bermain pesawat kertas. Bahkan, Fisher pun merancang Martha agar pemain bisa mengatur pola terbangnya sendiri dengan mengotak-ngatik bagian ekor atau arah pemutaran karetnya yang bisa diatur searah jarum jam ataupun berlawanan dengan jarum jam.

.

 

Gimana? Keren kan mainannya? Daripada harus menghabiskan waktu terus-terusan di depan gawai kamu, mending coba iseng-iseng buat mainan inovatif kayak gini! Dunia itu luas, sayang kalau nggak dimanfaatin!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Idham Nur Indrajaya
Gak Punya Quote Nih!
0SHARES