Keren! Benda-benda Ini Dibuat dengan Menggunakan Teknologi Printing 3D!

14 Juli 2017
|Idham Nur Indrajaya
77SHARES

Seperti yang dilansir dari laman partner3d.com, 3D printing merupakan sebuah proses untuk membentuk sebuah objek padat menjadi tiga dimensi. 3D printing ini sendiri dikenal juga dengan sebutan "Additive Layer Manufacturing" .Teknologi percetakan ini memang sudah ramai dibicarakan sejak beberapa tahun ke belakang sebagai salah satu bukti dari suatu perkembangan zaman yang kian menghasilkan teknologi muktahir.

Teknologi yang awalnya mungkin hanya bisa kita lihat di film-film, seperti dalam "Mission Impossible 4: Ghost Protocol" yang memperlihatkan teknologi percetakan 3D untuk membuat topeng penyamaran. Teknologi ini sebenarnya sudah ada sejak tahun 1980 yang diinovasikan oleh perusahaan 3D System Corp. Meskipun begitu, teknologi ini baru didistribusikan secara komersil pada tahun 2010.

Di bawah ini, kamu bisa lihat beberapa contoh benda yang mungkin tidak pernah kita duga bakal bisa dibuat dengan teknologi printing 3D. Langsung aja yuk, kita kepoin!

1. Snack dan makanan cepat saji

Sekarang ini, berbagai jenis kudapan sudah bisa dibuat dengan teknologi percetakan 3D sehingga dapat mengefisienkan waktu penyajiannya. Orang-orang dari NASA pun mengembangkan pembuatan makanan dengan teknologi ini untuk menyajikan makanan secara praktis saat mereka tengah beroperasi di luar angkasa.

2. Finger pen

Pulpen yang digunakan di jari ini telah dikembangkan produksinya melalui teknologi printing 3D. Jika kamu punya mesin percetakan 3D, kamu bisa nih bikin benda ini di rumah dengan membeli desainnya yang seharga 130 ribu rupiah!

3. Senjata api

Sebuah produsen senjata bernama Defense Distributed telah mengembangkan sebuah ide untuk memproduksi senjata api berbahan plastik yang dibuat dengan percetakan 3D. Dengan desain yang dijual oleh produsen tersebut, setiap orang dapat mencetak sendiri senjata mereka.

4. Gitar akustik

Scott Summit adalah seorang desainer percetakan 3D yang sudah diakui di bidangnya karena karya-karyanya. Dia pun membuat desain gitar akustik berbahan plastik yang dapat dicetak dengan teknologi printing 3D.

5. Lensa kamera

Lensa kamera pun saat ini sudah bisa dicetak sendiri dalam waktu beberapa jam saja. Meskipun bentuknya tidak seperti lensa pada umumnya, lensa ini tetap layak untuk digunakan dalam bidang fotografi.

6. Figur dari gambar anak-anak

Kalau kamu ingin membuat gambar masa kanak-kanak kamu menjadi mainan tiga dimensi, kamu bisa melakukannya juga dengan teknologi ini. Namun, penyedia jasa printing ini memang memasang harga yang cukup mahal, yakni sebesar 99 euro atau setara dengan 1,5 juta rupiah.

7. Flute

Flute di atas ini merupakan jenis flute bernama “Shakuhachi” yang merupakan instrumen musik tradisional Jepang. Dengan bahan stainless steel yang diberi ukiran cantik, benda ini dijual dengan harga 3,2 juta rupiah.

8. Miniatur janin

Beberapa perusahaan di Jepang memberikan jasa untuk membuat patung kecil yang desainnya diambil dari jabang bayi yang berada di perut ibu hamil. Dengan teknologi printing 3D, orang tua bisa membuat semacam kenang-kenangan dari anaknya saat masih berada di dalam rahim.

9. Sepatu high-heels

Sepasang sepatu pada gambar di atas diberi nama Morphogenesis dan didesain oleh seorang desainer bernama Paulline Van Dongen.

 

10. Bikini

Bikini yang terbuat dari bahan nilon ini bisa dibuat sendiri dengan membeli desain dalam bentuk soft-file. Bikini ini katanya sangat nyaman untuk digunakan ketika terkena air.

Itulah beberapa benda yang saat ini bisa dibuat dengan teknologi percetakan 3D. Jika pembuatan benda dengan teknologi ini sudah sangat lumrah, mungkin orang-orang akan lebih banyak mendesain berbagai kebutuhannya dan mencetaknya sendiri di rumah.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Idham Nur Indrajaya
Gak Punya Quote Nih!
77SHARES