Keren Banget! 10 Gedung Ini Dibangun Terinspirasi dari Kreasi Origami

18 November 2017
|Chandra W.
700SHARES

Siapa yang suka bikin kerajinan tangan dari kertas origami? Sebelumnya pada udah tahu belum nih, dari mana asal seni melipat kertas yang biasa disebut origami? Meskipun seni melipatnya memang dikenal dari Jepang, sesungguhnya kertas yang pada awalnya digunakan berasal dari Tiongkok dan dibawa oleh biksu dari Semenanjung Korea ke Jepang.

Saat itu, kertas banyak digunakan untuk tutup sake. Lama kelamaan, kertas tidak hanya dlipat untuk dijadikan tutup sake, tetapi juga untuk membuat berbagai bentuk tiruan makhluk hidup seperti katak dan bangau. Seni melipat kertas dulu dikenal dengan nama orikata, orisui dan orimono. Namun menjelang abad ke-19, nama origami lebih dikenal. Ori artinya lipat dan kami artinya kertas. Seiring dengan perkembangan zaman, kreasi origami juga digunakan sebagai inspirasi untuk produk lain, misalnya fashion dan bahkan juga gedung-gedung modern. Kayak apa ya penampakan gedung-gedung yang desainnya terinspirasi dari kreasi origami? Yuk kita lihat.

1. Health Department Building - Bilbao, Spanyol

Terletak tepat di persimpangan blok dengan gedung-gedung sekitar yang arsitekturnya bergaya klasik dan lawas, gedung ini sangat mencuri perhatian orang-orang yang lewat di sekitarnya. Gedung ini juga memiliki panel surya sehingga lebih hemat energi dibandingkan gedung-gedung di sebelahnya. Desainnya keren, ramah lingkungan pula. 

2. Helios House - Los Angeles

Ini bisa jadi SPBU paling gaul semuka bumi. Lihat saja desainnya, mirip lipatan origami yang dibentuk sedemikian rupa. Desain ini juga ramah lingkungan dan tahan terhadap cuaca panas. Panel surya yang ada di atas menghemat energi sebanyak 16% di pombensin ini. Keren banget ya.

3. Klein Bottle House - Australia

Ini adalah sebuah rumah yang terinspirasi dari kreasi origami, didesain untuk tempat liburan. Didesain oleh McBride Charles Ryan, rumah ini didirikan di Semenanjung Mornington, dua jam jika ditempuh dari Melbourne.

4. Museum Coklat Nestle - Mexico

Lihat bagian merah dari gedung ini? Nah kalau dilihat mirip origami super besar ya. Didesain oleh Rojkind Arquitectos, gedung ini memang ingin ditampilkan sebagai tempat yang ceria dan membuat anak-anak senang ketika melihat maupun mengunjunginya. Cocok banget nih untuk sebuah museum coklat.

5. Park Pavilion - Cuenca, Spanyol

Terletak di sebuah taman di Kota Cuenca, bangunan yang didesain Marco Brock Studio ini terdiri dari 23 pentagonal. Semuanya berbahan baja dan kaca, menjadikan bangunan ini terlihat mencolok di tengah-tengah taman.

6. Kios alumunium - London

Percaya nggak, kalau ada kios terbuat dari alumunium yang penampakannya sekeren itu? Percaya dong. Sebuah studio di London bernama Make membuat desain ini dari origami, lalu mencari bahan yang sesuai. Bahan tersebut adalah alumunium yang sudah didaur ulang. Karena ukurannya kecil, bisa digunakan untuk kedai kopi mini di pinggir jalan, bahkan juga studio mini DJ. 

7. Gedung Aedas Al-Bahar - Abu Dhabi

Gedung ini berbentuk tabung dengan aksen seperti lipatan origami di sepanjang tabungnya. Di wilayah dengan iklim dan cuaca ekstrem, aksen origami ini memberi banyak keuntungan di siang hari, yaitu melindungi bagian dalam gedung dari sinar matahari langsung.

8. Wellington International Airport

Kalau menunggu di ruangan kayak gini sih, mau pesawatnya delay lima jam pun bakal pewe aja ya guys. Lihat desain dinding dan langit-langitnya yang bernuansa natural tapi unik seperti origami. Bikin betah!

9. Boos Beach Club - Luxemburg

Restoran ini didesain oleh perusahaan arsitektur lokal, Metafirm. Inspirasi desain origami di bagian luar menggunakan bahan kayu lapis yang ditumpuk sehingga tampak lebih natural.

10. Gereja Akademi Angkatan Udara - Colorado, AS

Gedung ini menjadi daya tarik bagi wisatawan yang datang ke Colorado setiap tahunnya. Didesain oleh Walter A. Netsch, gedung ini telah berdiri sejak 1943. Sudah tua tapi terlihat gagah ya.

Itu dia gedung-gedung yang desainnya terinspirasi dari seni melipat kertas, origami. Keren-keren banget kan? Apalagi buat kamu yang suka desain atau anak arsitektur. Semoga suatu saat bisa ke salah satu tempat di atas ya, lalu mencontoh dan memodifikasi desainnya untuk dibangung di Indonesia.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Chandra W.
"Sebaik-baik tulisan adalah yang dibaca sampai akhir."
700SHARES