Keren! 7 Karya Seni Ini Mengingatkan Kita Akan Bahaya Pemanasan Global!

mymodernmet.com

Karya seni dapat digunakan oleh para kreatornya untuk menyatakan pandangan terhadap segala sesuatu yang menarik perhatian mereka. Pandangan itu pada gilirannya dapat berupa kritik terhadap situasi yang melingkupi para kreator seni. Kritik tersebut dapat ditujukan kepada pemerintah, masyarakat, atau bahkan diri sendiri. Berangkat dari gagasan tersebut, karya seni dapat membuka atau memperluas perspektif masyarakat terhadap sesuatu yang berkaitan dengan hidup mereka, entah itu hal yang berkaitan dengan politik, ekonomi, pendidikan, ekosistem, dsb.

Salah satu hal yang sering diperbincangkan dan disoroti oleh masyarakat dunia sejak dulu hingga kini adalah permasalahan pemanasan global yang kian lama kian mengancam kesehatan lingkungan. Fenomena alam yang terus berkelanjutan ini bukanlah proses natural yang terjadi pada alam, melainkan disebabkan oleh gaya hidup manusia serta industri yang menghasilkan produk sehari-hari yang secara tidak langsung dapat merusak lapisan ozon. Lapisan ozon yang semakin menipis membuat perlindungan atmosfir bumi terhadap cahaya matahari menjadi semakin melemah. Fenomena yang berkelanjutan ini tentunya sangat mengkhawatirkan. Jika pemanasan global ini terus berlanjut, bisa-bisa es di kutub utara dan selatan akan mencair. Ketinggian air laut pun tentu akan bertambah sehingga sebagian besar daratan di bumi akan terendam air.

Maka dari itu, banyak sekali para seniman di berbagai belahan dunia yang menggarap karya-karya seni dengan tema pemanasan global dengan maksud untuk mengajak seluruh masyarakat agar lebih peka terhadap permasalahan ini sekaligus dapat melakukan tindakan yang solutif untuk mencegah agar pemanasan global ini tidak berkepanjangan. Nah, di bawah ini temen-temen bisa lihat beberapa foto dari karya-karya seni yang dibuat oleh para seniman di beberapa negara dalam rangka merespon pemanasan global. Langsung aja yuk, kita kepoin!

1. Mural karya Banksy di London.

news.bbc.co.uk

Di antara mural-mural lainnya yang ditorehkan oleh Banksy dengan tema pemanasan global, mungkin tulisan inilah yang paling mengena maknanya. Tulisan ini seakan-akan menyindir orang-orang yang tak acuh terhadap pemanasan global tanpa menyadari bahwa suatu saat lingkungannya akan tenggelam ditelan air. Lihat kan kalau tulisan ini sengaja ditulis berdempetan dengan air?

2. Patung tangan karya Lorenzo Quinn di Venesia.

lefkadazin.gr

Patung berbentuk dua tangan raksasa yang menopang salah satu bangunan di Venesia ini menyiratkan makna bahwa Kota Venesia yang menjadi lambang kultur Italia selama berabad-abad harus ditopang oleh generasi-generasi berikutnya sebelum kota ini terendam oleh air akibat pemanasan global.

3. “1.000 Melting Man” karya Nele Azevedo di Berlin.

www.juxtapoz.com

Pada tahun 2009, Nele Azevedo menginstalasi 1.000 miniatur manusia yang terbuat dari es. Seiring dengan waktu, tentunya miniatur ini akan mencair dan itulah bentuk kritik Azevedo terhadap pemanasan global yang secara perlahan telah memberi dampak negatif pada kehidupan manusia.

 

4. “The Rising Tide” karya Jason deCaires Taylor di London.

inhabitat.com

Empat patung pengendara kuda ini merupakan replika dari “The Four Horsemen”, yakni mahkluk gaib berwujud empat pengendara kuda yang kemunculannya dipercaya sebagai tanda dari suatu bencana besar. Empat patung ini hanya bisa dilihat jika Sungai Thames sedang surut. Keempat patung ini terletak tidak jauh dari gedung parlemen dan tampaknya Taylor memang sengaja menyimpan patung itu di sana untuk menarik perhatian para pejabat di parlemen.

5. “No One Can Save Us” karya Mojoko dan Eric Foenander di Singapura.

mymodernmet.com

Patung berbentuk badan Superman yang sedang mencair ini diletakkan di halaman Museum Seni Singapura. Patung ini menyiratkan bahwa pahlawan super pun bahkan tidak bisa membantu kita untuk keluar dari masalah ketika dampak dari pemanasan global yang paling buruk sudah terjadi.

6. “Waiting for Climate Changes” karya Isaac Cordal di Spanyol.

inhabitat.com

Isaac Cordal adalah seniman yang terkenal seringkali membuat karikatur para pejabat pemerintahan dalam bentuk patung semen berukuran kecil. Dalam seri instalasi seni berjudul “Waiting for Climate Changes”, dia membuat street art dengan cara menampilkan patung para pejabat yang setengah tenggelam dalam rangka kritiknya terhadap pemerintahan yang melancarkan kebijakan-kebijakan yang secara tidak langsung turut andil dalam pemanasan global.

7. Performance art 600 orang bugil karya Spencer Tunick di Pegunungan Alpen.

www.edie.net

Pada tahun 2007, 600 relawan mengikuti performance art yang digagas oleh Spencer Tunick, seorang seniman asal Swiss yang berkampanye untuk lembaga Greenpeace. Para relawan harus bertahan dari suhu dingin yang menusuk di Pegunungan Alpen dan gagasan Tunick ini memang ingin menunjukkan bahwa manusia pada hakikatnya akan selalu rapuh di hadapan alam yang saat ini kian lama kian rusak akibat dari pemanasan global.

Nah, itu dia beberapa instalasi seni yang dirancang dalam rangka mengkritik masyarakat atas pemanasan global yang terjadi. Semoga menginspirasi!

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Kantung Mata Susah Hilang? Kenali Penyebab dan Penanganannya - Keepodotme

Kantung Mata Susah Hilang? Kenali Penyebab dan Penanganannya - Keepodotme

12 Karya Seni Ini Menggambarkan Keburukan dari Manusia Bermuka Dua

12 Karya Seni Ini Menggambarkan Keburukan dari Manusia Bermuka Dua

6 Aplikasi Edit Foto Terbaik Ini Bisa Bikin Kamu Terlihat Tampan Maksimal di Instagram - Keepodotme

6 Aplikasi Edit Foto Terbaik Ini Bisa Bikin Kamu Terlihat Tampan Maksimal di Instagram - Keepodotme

Awas Tertipu! Replika-replika Keren Ini Terbuat dari Kue Lho

Awas Tertipu! Replika-replika Keren Ini Terbuat dari Kue Lho

Nggak Pengen Kepala Murid-Muridnya Terbakar, Guru Ini Ngasih Soal Ujian yang Malah Bikin Ngakak - Keepodotme

Nggak Pengen Kepala Murid-Muridnya Terbakar, Guru Ini Ngasih Soal Ujian yang Malah Bikin Ngakak - Keepodotme

10 Kreasi Latte Art Warna-warni Ini Bikin Kamu Nggak Tega Meminumnya

10 Kreasi Latte Art Warna-warni Ini Bikin Kamu Nggak Tega Meminumnya

loading