John Bramblitt, Pelukis Tunanetra dengan Karya Seni yang Luar Biasa Menakjubkan

08 Juni 2017
|Olphi Disya
2.5 KSHARES

Bagi sebagian orang, keterbatasan mungkin jadi penghalang dalam berkarya. Namun bagi sebagian lain, keterbatasan justru menjadi semangat dan motivasi untuk bangkit dan menemukan keunikan diri yang mungkin belum pernah diketahui sebelumnya. Salah satunya adalah John Bramblitt yang merupakan pelukis tunanetra asal Amerika. Ia lahir pada tahun 1971, El Paso, Texas, Amerika Serikat. Ia mulai melukis setelah kehilangan penglihatannya pada tahun 2001 setelah menderita serangkaian penyakit kejang parah. Awalnya, ia mengalami depresi yang dalam sampai ia menemukan lukisan.

Gimana bisa melukis kalau nggak bisa melihat? Ia berhasil membedakan dua warna berbeda dengan merasakan teksturnya. Ia juga menyentuh atau meraba subjeknya untuk kemudian dilukisnya. Karya seninya telah dipajang di lebih dari tiga puluh negara dan ia telah menjadi narasumber pada berbagai media, termasuk diceritakan dalam film dokumenter yang memenangkan beberapa penghargaan film pendek dan sebuah video yang terpilih sebagai Most Inspirational Video of 2008 for YouTube. Dia dianugerahi tiga penghargaan presiden Amerika Serikat pada tahun 2005, 2006, dan 2007. Berikut karya-karyanya yang luar biasa menakjubkan.

1. Bramblitt bisa banget ya mengilustrasikan warna yang ramai dan meriah ke dalam sebuah lukisan plus detail menara Eiffel yang persis

2. Warna-warni dan penggambaran objek yang detail banget membuat lukisannya tampak hidup

4. Setiap warna memiliki arti tersendiri, begitu pun Bramblitt yang menganggap perpaduan warna dalam lukisannya memiliki arti khusus

5. Penggambaran suasana malam di laut dengan objek perahu dan bulan bikin siapa pun bisa hanyut dalam suasana

6. Apapun tema lukisannya, Bramblitt nggak pernah gagal untuk membuat lukisan yang sempurna

7. Setiap lukisannya membuat siapapun akan terpukau

8. Bahkan dengan segala keterbatasannya, Bramblitt mampu melukis sesuatu yang simetris dan rapi

9. Figur wajah pun tetap bisa dilukisnya seartistik mungkin

10. Sepertinya setiap lukisannya menyiratkan emosi yang bisa menyentuh hati para penikmat seni khususnya seni lukis

Menakjubkan ya? Meski nggak bisa melihat langsung objek yang dilukisnya, tapi ia mampu merasakan dengan hati lukisan-lukisan yang dibuatnya. Maka dari itu, ia berhasil membuat lukisannya jadi luar biasa indah karena melukis nggak melulu tentang melihat keindahan, tapi merasakan keindahan tersebut!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Olphi Disya
"Upcoming psychologist. Awesome weirdo."
2.5 KSHARES