Hanya Menggunakan Kawat, Seniman Ini Membuat Ilustrasi Patung 3D yang Menakjubkan

05 Agustus 2017
|Idham Nur Indrajaya
0SHARES

Seni memberikan ruang bagi para penggiatnya untuk mengekspresikan imajinasi sebebas mungkin. Dengan kata lain, estetika dalam berkesenian tidak akan pernah habis untuk diesksplorasi. Perkembangan peradaban sendiri akan ditandai pula dengan perkembangan estetika seni yang sejalan dengan perkembangan pemikiran manusia. Perkembangan estetika ini pun semakin memicu munculnya produk-produk seni dengan berbagai variasinya masing-masing. Semakin karya itu bersifat unik, karya itu pun akan semakin mudah untuk dilirik orang. Dengan begitu, gagasan yang dituangkan ke dalam karya pun akan lebih mudah untuk disampaikan kepada orang banyak.

Seiring dengan peningkatan populasi manusia yang semakin tinggi, jumlah produk-produk seni yang bervariasi pun akan semakin banyak pula. Jika begini, para seniman membutuhkan suatu keunikan dalam karya mereka agar karya yang mereka buat dapat menonjol dan dipandang orang-orang. Usaha untuk membuat keunikan itu pun bisa bermacam-macam, salah satunya adalah dengan mengeksplorasi media dari karya itu sendiri, seperti yang dilakukan oleh seniman asal Portugis bernama David Oliveira. Hal yang menjadi ciri khas dalam karya-karyanya adalah medianya yang menggunakan kawat. Dengan hanya menggunakan kawat, dia membuat ilustrasi 3D yang nampak seperti sketsa gambar yang dibuat dengan pensil.

Penggunaan media kawat ini membuat David Oliveira terlihat seakan-akan menggambar di udara. Dia membuat semacam patung yang hanya berupa kerangkanya saja. Jika dilihat secara sekilas, karya-karyanya memang terlihat seperti hasil dari coretan pensil. Namun, jika dilihat lebih detail, ternyata dia membuat karya dari kawat yang digulung dan diibentuk sedemikian rupa.

Pada awalnya Oliveira adalah mahasiswa yang mengambil bidang pembuatan patung. Setelah dia menyelesaikan studi dalam pembuatan patung, dia mulai bereksplorasi dengan kawat sebagai media dari karya-karyanya. Dengan ketekunannya berlatih, dia pun terus menempa kemampuannya untuk memanipulasi kawat-kawat menjadi sesuatu yang memiliki nilai estetis. Oliveira pun beranggapan bahwa karya-karyanya merupakan ekspresi akan kehidupan yang terlihat fana. Nah, sekarang langsung aja yuk kita kepoin karya-karyanya di bawah ini!

1. Kawat yang dibentuk menjadi replika manusia yang sedang bersimpuh

2. Meskipun terlihat seperti sketsa dari pensil, sebenarnya karya ini dibuat dari kawat lho

3. Mengekspresikan kefanaan hidup melalui kawat yang dikontraskan dengan kursi kayu

5. Patung singa yang terbuat dari kawat

6. Terlihat seperti gambar dari pensil yang mengambang di udara

7. Tidak puas dengan patung dari keramik, dia mulai mengeksplorasi kawat untuk dijadikan patung

8. Digantung di udara dengan kawat yang tipis agar patung terlihat melayang

9. Mau cobain bikin patung dari kawat seperti yang dilakukan seniman ini?

10. Foto ketika Oliveira tengah mengotak-atik kawat untuk karyanya

Gimana? Keren-keren kan karyanya? Kalau misalnya dibuat di selembar bidang datar dan dilukis dengan pensil, mungkin tidak butuh waktu yang lama untuk membuatnya. Berbeda dengan yang dilakukan oleh Oliveira seperti yang terlihat pada foto-foto di atas.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Idham Nur Indrajaya
Gak Punya Quote Nih!
0SHARES