Gokil! Seniman Ini Membuat Patung Gurita Raksasa dengan Menggunakan Gergaji Mesin

08 Oktober 2017
|Idham Nur Indrajaya
Kreatif
0SHARES

Seni memberikan ruang bagi para penggiatnya untuk mengekspresikan imajinasi sebebas mungkin. Dengan kata lain, estetika dalam berkesenian tidak akan pernah habis untuk diesksplorasi. Semakin karya itu bersifat unik, karya itu pun akan semakin mudah untuk dilirik orang. Salah satu hal yang menjadikan suatu karya itu dapat dinilai unik adalah media yang digunakan untuk menggarap karya itu sendiri.

Beberapa waktu silam, atau bahkan sampai sekarang, berbagai handicraft yang terbuat kayu sempat menjadi tren di masyarakat. Mulai dari gelang kayu, cincin kayu, bahkan kacamata kayu tiba-tiba banyak dicari oleh orang-orang. Seni ukir kayu ini memang sangat sulit pembuatannya. Kayu yang dipilih pun harus kayu berkualitas tinggi yang tidak mudah rusak. Memang, pada kenyataannya karya seni yang dibuat dari kayu itu sudah banyak sekali. Namun, bagaimana jika ada seniman yang membuat sebuah karya seni raksasa dari pohon yang sudah tumbang?

Jeffrey Michael Samudosky, seorang seniman dari Amerika Serikat telah menggarap sebuah patung gurita raksasa yang dibuatnya dari sebatang pohon besar yang sudah mati dan tumbang. Melihat kesempatan untuk menuangkan hasrat berseninya, Samudosky pun memanfaatkan batang yang mungkin sudah dianggap oleh sebagian orang sebagai sampah untuk dijadikan sebuah karya yang spektakuler. Kerennya lagi, Samudosky mengukir pohon raksasa ini dengan gergaji mesin! Nah, daripada nunggu lama lagi, langsung aja yuk kita lihat proses pembuatan patung gurita karya Samudosky di bawah ini!

1. Beginilah penampakan batang pohon sebelum digarap oleh Samudosky

2. Sebelum memulai, Samudosky mempelajari dimensi batang pohon dari segala sisi

3. Pertama-tama, yang diukir adalah bagian tentakel

5. Bagian perut guritanya sudah mulai terlihat

6. Mulai menggarap lubang-lubang penghisap di tentakel gurita

7. Sebelum dipoles agar mengkilap, Samudosky mengerjakan detail dari tekstur tubuh gurita

8. Beginilah hasil akhirnya!

Mengukir dengan gergaji mesin tentunya bukan hal yang mudah. Meskipun kemungkinan pengerjaannya akan lebih cepat, dibutuhkan tenaga yang cukup besar untuk bisa mengendalikan gergaji yang menghentak-hentak. Akan tetapi, Samudosky berhasil melakukannya dengan baik, sehingga terciptalah karya seni yang mengagumkan.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Idham Nur Indrajaya
Gak Punya Quote Nih!
0SHARES