Gokil, 10 Seni Jalanan di Dunia Ini Bikin Lingkungan Jadi Lebih Berwarna

08 Desember 2017
|Iswara Aji Pratama
1.4 KSHARES

Seni jalanan adalah seni visual yang menggunakan ruang publik seperti gedung, tembok, dan benda-benda lain sebagai media seni. Selain bertujuan untuk berekspresi, seni jalanan juga digunakan untuk menjadi media kritik sosial lho. Karena obyek-obyek yang dipilih berada di tempat umum, bisa dikatakan seni jalanan pun menjadi metode kritik yang efektif. Jadi perhatian orang-orang bisa tertarik gitu untuk melihat. Akan tetapi, kamu harus bedain nih seni jalanan dengan coretan ceker ayam yang biasanya ada di tembok atau gerbang ruko. Kalau itu mah seratus persen murni vandalisme. Cuma merusak fasilitas masyarakat, gak ada manfaatnya.

Sementara seni jalanan itu punya nilai kreatif, indah, berbobot, dan bisa dinikmati oleh orang banyak. Kalau kamu gak percaya bahwa seni jalanan itu ada manfaatnya, ya udah ayo kita kepoin beberapa karya seni jalanan di seluruh dunia!

1. Daripada tanaman dinding yang gak terawat ini merusak suasana, lebih baik digambar aja jadi rambut cewek kayak gini, unik!

2. Waduh, Tom and Jerry nih? Kepikiran aja ya nih orang buat memanfaatkan lekukan tembok yang dijadikan gambar

3. Wah, kayak kepala cewek beneran yah yang lagi berenang gaya dada? Dingin banget pasti tuh berenang pas musim dingin gitu

4. Nah, retakan pada jalan pun bisa dibikin lebih berwarna kok, digambar aja kayak gini, kan enak gitu dilihatnya
5. Daripada pipa-pipa ini bikin rusak pemandangan, lebih baik digambar deh di dindingnya yang menyerupai jantung, keren yak?

6. Nah, kalau tempat sampah dibikin kayak gini di Indonesia, kayaknya orang-orang bakal buang sampah pada tempatnya deh

7. Rantai yang membentang itu mah udah biasa, lebih baik dijadiin luar biasa dengan ditambahkan gambar seorang perempuan kayak gini, kayak sirkus

9. Kalau ini pasti kerjaan anak SD nih yang suka gambar-gambar di kaca mobil yang ditutupin embun atau salju kayak gini
10. Anaknya siape nih? Bandel bener ngintip ibu-ibu yang lagi mandi! Itu anak yang belakang kasian ya, cuma disuruh jagain sekitar doang

Terbukti kan kalau ditambahkan sentuhan seni kayak gambar-gambar di atas, lingkungan jadi lebih berwarna dan gak ngebosenin. Selain itu pula, barang-barang yang mengganggu pemandangan pun bisa jadi unik kalau dikasih sentuhan seni kayak gini. 


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Iswara Aji Pratama
Gak Punya Quote Nih!
1.4 KSHARES