Gila! Papan Surfing Ini Terbuat dari Daur Ulang 10.000 Puntung Rokok!

02 November 2017
|Idham Nur Indrajaya
0SHARES

Kreativitas adalah bagian dari ide yang merupakan anugrah terbesar bagi manusia. Hal itu pula yang membedakan diri kita dengan unsur-unsur alam lainnya seperti hewan dan tumbuhan. Oleh karena itu, sangat disayangkan jika kita tidak mau atau terlalu malas untuk mengerahkan kreativitas kita untuk menciptakan pelbagai hal yang mungkin saja bisa memikat perhatian banyak orang. Meskipun terkadang berpikir itu bisa melelahkan, namun hal itu bisa menjadi latihan yang bagus agar pikiran kita selalu siaga dalam menghadapi pelbagai hal yang mendatangi kita loh.

Dengan kreativitas, kita dapat melihat bermacam-macam hal di hidup ini dengan cara yang berbeda. Suatu hal yang terkesan sepele atau bahkan dianggap orang-orang sebagai suatu hal yang menyebalkan pun dapat menjadi bermanfaat dengan adanya kreativitas. Contohnya seperti yang dilakukan oleh Taylor Lane dan temannya, Ben Judkin, yang menghabiskan waktu liburan musim panas mereka dengan memunguti sampah-sampah puntung rokok yang bertebaran di sekitar hamparan pasir, tempat parkir, dan jalanan lokal yang terletak di daerah Santa Cruz, Amerika Serikat.

 

Ternyata, apa yang mereka lakukan itu merupakan awal dari proyek mereka dalam merancang papan surfing lho. Papan yang mereka desain itu merupakan benda yang akan diturutsertakan dalam kontes dalam bidang daur ulang sampah yang nantinya dapat dijadikan sebagai karya untuk dipamerkan. Kontes yang diadakan oleh produsen alat surfing Vissla dan perusahaan nonprofit Surfrider Foundation itu berhasil dimenangkan oleh Taylor Lane berkat inovasi mereka dalam membuat papan surfing yang terbuat dari puntung rokok yang jumlahnya bisa mencapai puluhan ribu.

Taylor Lane, yang masih berusia 24 tahun, mengatakan bahwa puntung rokok adalah polusi yang paling banyak ada di sekitaran pantai Santa Cruz, dan belum ada orang yang tercetus dalam benaknya untuk memanfaatkan polusi itu untuk dijadikan sebagai suatu hal yang bermanfaat.  Dalam pameran untuk kontes tersebut, sempat ada orang yang memegang papan itu dan langsung mengibas-ngibaskan tangannya karena dia tidak sadar bahwa yang dipegangnya itu adalah puntung rokok. Dia pun merasa terkesan dengan benda yang nampak indah dan sekaligus menjijikkan karena mengingat bahwa puntung-puntung yang dipegangnya itu tentunya bekas mulut orang lain.

Selain papan dari puntung rokok, dalam kontes tersebut pun terdapat papan seluncur yang terbuat dari karung kentang, pintu kamar mandi, dan bahkan sampai ada juga yang terbuat dari styrofoam yang dulunya dipakai untuk membungkus televisi. Meskipun begitu, nampaknya Lane bisa menjadi  pemenang karena selain dirinya menemukan ide yang kreatif, dia pun membantu masyarakat setempat dalam hal kebersihan. Jadinya, seperti menyelam sambil minum air, kan?

Hal yang dilakukan oleh Lane seakan-akan bisa menjadi bukti bahwa sampah bukanlah hal yang seharusnya kita keluhkan, melainkan bisa kita olah dengan sedikit suntikan kreativitas agar sampah-sampah tersebut dapat menjadi suatu hal yang bermanfaat bagi orang lain. jadi, berhenti mengeluh, dan mulailah berbuat!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Idham Nur Indrajaya
Gak Punya Quote Nih!
0SHARES