Fotografer Ini Meniru Figur Wanita Jadul dengan Menghias Kepala Putrinya Menggunakan Benda Modern

24 Mei 2017
|Olphi Disya
0SHARES

Karya seni yang menggambarkan figur-figur orang jaman dahulu mungkin bagi sebagian orang adalah hal yang cukup membosankan. Lukisan-lukisan wajah orang-orang populer dari ribuan tahun yang lalu mungkin hanya dinikmati sebagian kalangan yang menyukai sejarah dalam bentuk karya seni. Sebagian lagi merasa terinspirasi akan karya tersebut dan menjadi termotivasi untuk menelurkan karya serupa. Nah, inilah yang membuat Hendrik Kerstens untuk menciptakan karya seni yang terbilang unik.

Hendrik Kerstens merupakan seorang fotografer yang cukup terkenal karena beberapa kali karyanya dipamerkan dalam museum. Sebenarnya Hendrik Kerstens telah memotret putrinya, Paula, dari kecil pada tahun 1995 dan dilakukan hampir setiap hari. Nah, suatu hari ia terinspirasi dari salah satu lukisan karya Johannes Vermeer yaitu “Girl With Pearl Earring” atau "Gadis dengan Anting-anting Mutiara". Menurutnya, wajah wanita dalam lukisan itu benar-benar menggambarkan sosok wanita Belanda kala itu. Dari situlah ia kemudian mencetuskan ide untuk membuat ‘tiruan’-nya dengan versi yang lebih modern.

Setiap potret Paula jelas mengingatkan pada karya Johannes Vermeer. Yang paling pas sih kemiripan ekspresi Paula, dan yang tidak kalah pentingnya, aura wajah "Belanda" yang khas dan semuanya menyatu untuk menciptakan kesan kayak gini. Namun, Kerstens nggak hanya meniru lukisan. Seiring perkembangan fotonya, ia menjadi semakin tertarik untuk menciptakan konsep yang  lucu antara masa lalu dan sekarang, yaitu menggunakan benda-benda modern sebagai aksesoris penutup kepala. Misalnya seperti kantong kresek, bubble wrap, hingga kaleng minuman. Foto-foto Paula pun udah mirip banget sama lukisan klasik. Ini dia beberapa karya Kerstens yang unik, lucu, sekaligus bersejarah.

1. Kenalan dulu sama “Girl With Pearl Earring”, wajah khas ras Kaukasian dengan ekspresi yang konon menggambarkan wajah wanita Belanda kala itu menjadi inspirasi Kerstens menciptakan karya di bawah ini

2. Kantong kresek

4. Kertas tissue

6. Aluminium foil

7. Kertas plastik

8. Kaleng minuman

10. Kertas adonan kue

Unik banget kan? Kepikiran aja ya, caranya melestarikan keindahan lukisan klasik warisan bangsanya bisa jadi inspirasi nih. Dengan menciptaka karya selucu ini, bukan berarti Kerstens nggak menghormati karya terdahulu. Tapi justru inilah sisi lain seni yang penuh kreativitas.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Olphi Disya
"Upcoming psychologist. Awesome weirdo."
0SHARES