Es Krim Sayur, Cara Enak Menikmati Sayuran. Sehat Itu Enak, lho!

03 Juli 2017
|Faizah Pratama
4SHARES

Tubuh kita memerlukan asupan sayuran. Selain serat yang baik untuk pencernaan, sayuran juga mengandung vitamin dan mineral. Namun, ada sebagian orang yang menganggap bahwa sayur itu rasanya tidak enak. Kabar baik bagi kamu yang tidak suka mengonsumsi sayuran. Dunia kuliner telah berinovasi menghasilkan terobosan baru dengan menyajikan sayuran dalam bentuk es krim yang pastinya enak dan anak kecil pun akan suka. Berikut ini adalah berbagai resep es krim yang dapat menjadi rekomendasi untuk kamu yang nggak doyan sayuran. 

 

1. Es krim bayam

Bayam mengandung zat besi, magnesium, dan berbagai vitamin. Bayam memiliki berbagai manfaat seperti, untuk kesehatan tulang, kesehatan jantung, dan nutrisi yang baik untuk ibu hamil. Nah, ternyata bayam juga dapat dibuat es krim, lho. Dengan campuran bayam, alpukat, susu, dan almon es krim, bayam dapat menjadi sajian yang menyehatkan.

2.  Es krim wortel 

Sayuran yang identik sebagai makanan kelinci ini mengandung vitamin A yang baik untuk mata dan antioksidan yang baik bagi daya tahan tubuh kita. Wortel juga dapat dibuat sebagai sajian es krim sorbet wortel yang istimewa. Dengan mencampurkan jus wortel, jus jeruk, dan gula, lalu dimasak dan dibekukan di dalam frezer. 

 

3. Es krim timun 

Kesegaran buah timun biasanya disajikan dengan sirup melon dan biji selasih. Namun, segarnya buah timun juga dapat disajikan dalam bentuk es krim sorbet yang segar. Sayuran ini mengandung antioksidan dan kalium yang cukup tinggi. Mentimun juga efektif untuk menurunkan tekanan darah tinggi. 

 

4. Es krim daun basil

Sebagian masyarakat Indonesia mungkin asing dengan daun Basil. Basil adalah sejenis tumbuhan herbal yang biasanya digunakan dalam masakan Italia. Bentuknya hampir mirip dengan daun kemangi, akan tetapi memiliki ukuran yang lebih lebar. Basil memiliki kandungan protein dan mineral yang penting. Ketika berpadu dengan susu dalam es krim, maka akan menciptakan sajian dengan kandungan protein yang tinggi. 

 

5. Es krim sawi

Sayuran yang sering dijumpai di Indonesia ini ternyata juga dapat dibuat es krim. Mulanya, sawi diblender dan kemudian disaring. Jus sawi ini akan dicampurkan ke dalam adonan es krim susu yang nikmat. 

 

6. Es krim tomat

Buah segar yang tergolong sayuran ini memiliki kandungan vitamin A dan C yang cukup tinggi. Tomat sangat cocok dijadikan es sorbet. Dengan mendinginkan jus tomat dalam frezer, maka sorbet tomat yang lezat dapat menjadi sajian sehat yang pas untuk kamu nikmati. 

 

7. Es stik seledri

Sayuran yang satu ini sering dijadikan bahan campuran dalam kuah bakso ataupun kaldu dalam sup. Seledri kaya akan vitamin B dan zat besi. Bahkan, ada beberapa orang yang membuat jus seledri untuk minuman kesehatan. Jika kamu merasa jijik dengan jus seledri, kamu bisa menjadikan seledri sebagai es krim stik yang enak dan menyegarkan. Es stik dapat dibuat dengan campuran sirup dan jus seledri, serta dapat juga ditambahkan lemon untuk menambah kesegaran.

 

Itulah berbagai inovasi es krim yang terbuat dari sayuran. Berbagai variasi es krim di atas memang sehat karena terbuat dari sayur. Namun, perlu diingat pula bahwa es krim juga mengandung gula dan lemak susu yang cukup tinggi. Jadi, jangan mengonsumsinya secara berlebihan, ya!

 


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Faizah Pratama
"Di mana-mana hatiku senang!"
4SHARES