Deretan Kebun Vertikal yang Bisa Segarkan Udara dan Matamu Seketika. Lucu Bingits Sih!

11 Maret 2018
|Mohammad Syahrial
18SHARES

Kebun, taman, atau ruang hijau terbuka lainnya menjadi suatu kebutuhan yang urgent di masa sekarang. Pasalnya, saat ini yang serba hijau ini semakin hilang karena sudah terisi oleh baja, semen, dan beton. Apalagi di kota besar dengan gedung-gedung pencakar langitnya yang tercecer dimana-mana, ruang terbuka hijau sangat sulit ditemukan. Padahal kebun hijau ini manfaatnya luar biasa untuk lingkungan kita, terutama untuk resapan air dan pasokan udara segar.

Untungnya, masih ada yang peduli dan mau bergera untuk menjaga lingkungan kita. Salah satu upayanya adalah dengan membuat kebun vertikal. Karena sudah terlalu padat untuk membuat kebun horizontal alias kebun di lahan biasa, akhirnya dibuatlah kebun vertikal. Bisa menghemat ruang, namun manfaatnya tetap luar biasa. Mungkin banyak dari kalian yang sudah pernah melihat bentuk dari kebun vertikal ini.

Ternyata, ada juga lho kebun vertikal yang diubah sedemikian rupa hingga jadi cantik dan unik. Nggak hanya menjaga, tapi juga mengindahkan lingkungan. Pengen tau kaya gimana sih bentuk kebun vertikal yang cantik dan unik ini? Langsung scroll ke bawah ya!

1. Taman vertikal Sydney, Australia

Patrick Blanc, seorang botanist ternama, telah menciptakan taman vertikal tertinggi di dunia. Taman tersebut terletak di Sydney, Australia. Tidak semua lapisan dinding di gedung ini ditanami tumbuhan, namun 190 tanaman asli Australia dan 160 tanaman eksotik lainnya cukup mengurangi konsumsi energi akibat pendingin udara yang digunakan di dalam gedung. 

2. Taman vertikal Milan, Italia

Kalau taman vertikal yang satu ini tidak lagi mengusung tema “taman”, melainkan “hutan vertikal”. Setiap balkon di gedung yang terletak di Milan, Italia, ini ditanami tumbuhan sebanyak mungkin yang bisa ditampung. Tidak hanya ditanami tanaman hias, pepohonan pun ditanam di hutan vertikal yang dirancang oleh Stefano Borie ini.

3. Taman Vertikal Paris, Perancis

Lagi, botanist Patrick Blanc, “mendandani” sebuah gedung dengan berbagai tanaman hias yang cantik. Beberapa bangunan yang terletak di Paris, Perancis, disulap oleh Blanc menjadi banguanan hijau yang menyejukkan dan ramah lingkungan. Tidak hanya apartemen, perkantoran, dan gedung komersial lainnya pun dihasi taman vertikal yang cantik.

4. Taman vertikal London, Inggris

Tak mau kalah, London pun mempunyai gedung dengan dinding yang dihiasi taman vertikal. Seperti terlihat pada gambar, tanaman-tanaman hias menutup rapat lapisan-lapisan dinding di sebuah bangunan di London, Inggris. Adanya taman vertikal ini menyejukkan mata di tengah hiruk-pikunya kota London.

5. Taman vertikal Seoul, Korsel

Sebuah gedung tujuh lantai di Seoul, Korea Selatan, dilapisi oleh taman vertikal yang sangat indah. Gedung ini merupakan indoor green wall yang bagian luar bangunannya dilapisi dengan struktur kaca masif. Green wall ini pernah meraih penghargaan sebagai taman vertikal terbesar di dunia pada tahun 2013. Sebanyak 65.000 tanaman dari 14 spesies berbeda ditanam di permukaan dinding seluas 1.530 meter persegi ini.

6. Taman vertikal Dubai

Novotel Hotel, salah satu hotel di Dubai yang baru rampung beberapa waktu lalu mengusung tema taman vertikal yang menyejukkan. Meskipun tidak seluruh dinding di hotel ini dilapisi tanaman, taman vertikal yang menjuntai dari setiap balkonnya mampu memberikan kesejukan di tengah panasnya Dubai.

7. Taman vertikal Bogota, Colombia

Bogota, ibukota Colombia, mempunyai taman vertikal terbesar di dunia. Sebuah bangunan 11 lantai dihiasi oleh berbagai tanaman hias yang sangat menyejukkan dan mengindahkan kota Bogota. Tujuan pembuatan taman vertikal ini adalah mengatasi polusi dan memberikan ruang hijau bagi warga Bogota.

Nah, itu dia guys kebun vertikal yang cantik nan unik. Nggak hanya menyegarkan udara, tapi juga menyegarkan mata ya. Semoga setelah melihat kebun vertikal yang cantik ini kalian tergugah dan jadi pengen bikin kebun vertikal juga deh. Gak perlu banyak ruang dan modal, asalkan kita serius juga pasti bisa kok bikinnya.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Mohammad Syahrial
Gak Punya Quote Nih!
18SHARES