Dari Pelindung Bayi Sampai Perban Dadakan, Inilah 11 Kegunaan Tak Terduga Lakban!

06 November 2017
|Idham Nur Indrajaya
Kreatif
0SHARES

Selain bisa mendukung dalam penciptaan karya, kreativitas pun dapat disalurkan kepada aktivitas sehari-hari. Dengan dibantu oleh kreativitas, berbagai kegiatan pun dapat dilakukan dengan mendapatkan bermacam-macam keuntungan. Misalnya, keuntungan dalam hal menghemat waktu, tenaga, dan uang. Keuntungan-keuntungan semacam itu bisa kita dapatkan dengan memanfaatkan kreativitas kita dalam melihat kegunaan suatu benda. Dengan kreativitas, segala sesuatu pun bisa dipandang nilainya dari perspektif yang lebih luas. Dengan begitu, kita tidak perlu terlalu repot dalam memenuhi segala kebutuhan sehari-hari.

Nah, di bawah ini, kamu bisa lihat contoh lain dari suatu produk yang ternyata bisa digunakan sebagai alat-alat dengan fungsi yang mungkin belum pernah kepikiran oleh banyak orang. Kali ini, benda yang akan kita telusuri fungsinya adalah lakban. Jangan salah, benda sederhana ini dianggap sebagai benda penyelamat saat sedang dilaksanakannya misi Apollo 13 lho. Lakban adalah benda yang digunakan untuk menutupi kebocoran emisi karbon dioksida pada pesawat. Sejak saat itu, benda ini adalah benda yang wajib ada dalam setiap misi yang dilakukan oleh NASA. Sekarang, daripada nunggu lebih lama lagi, langsung aja yuk kita kepoin fungsi-fungsi lain dari lakban di bawah ini!

1. Pembersih bulu dan rambut

Lakban bisa digunakan oleh orang yang memiliki peliharaan berbulu di rumahnya, misalnya kucing. Dengan menempelkan benda ini pada paint roller, kamu bisa membersihkan bulu-bulu di rumah kamu dengan lebih mudah.

2. Bisa dibuat menjadi perahu!

Lakban dengan kualitas yang baik, dibuat agar tahan lama dan anti air. Maka dari itu, dengan modal yang minim, kamu pun bisa membuat perahu kecil dari benda ini lho! Tentunya kerangka perahu pada foto di atas masih menggunakan kayu.

3. Perban dadakan

Di saat darurat, ternyata lakban juga bisa digunakan untuk menyatukan luka robekan loh. Mereka juga bisa menghentikan perdarahan pada luka.

4. Tempat penyimpanan telepon genggam saat tenaganya sedang diisi

Tidak harus selalu saat tenaganya sedang diisi saja, lakban pun bisa digunakan sebagai tempat penyimpanan telepon genggam agar tidak berserakan di lantai.

5. Pencegah lecet pada kaki

Meskipun sepatu baru bisa membuat kamu senang, namun lecet yang dapat ditimbulkan karena bagian dalamnya yang masih belum menyesuaikan dengan bentuk kaki dapat menjadi hal yang menyebalkan. Salah satu solusinya adalah dengan cara menempelkan kain pada bagian kaki yang rentan terkena lecet dan tinggal tutupi kain itu dengan lakban. Dengan begitu, tidak akan ada lagi gesekan antara bagian dalam sepatu dengan kaki kamu.

6. Kursi

Dengan hanya menggunakan sedikit kayu sebagai kerangka, ternyata lakban pun bisa digunakan untuk membuat kursi lho. Bisa jadi trik hemat nih buat teman-teman yang ngekos atau baru membeli properti tempat tinggal.

7. Sampul buku

Agar sampul yang digunakan pada buku bisa lebih tahan lama, lakban pun bisa digunakan sebagai bahannya. Dengan begitu, kamu tidak perlu khawatir lagi kalau-kalau sampul buku kamu tiba-tiba robek.

8. Perangkap lalat

Kamu sering merasa kesal dengan lalat-lalat yang berterbangan di sekitar kamu? Solusinya ternyata cukup mudah. Cukup dengan menggantungkan lakban yang sudah diolesi dengan bahan-bahan yang bisa memancing lalat, misalnya selai.

9. Penghilang kutil

Meskipun membutuhkan waktu yang lebih lama, ternyata teknik pencabutan kutil dengan lakban bisa lebih tidak menyakitkan dibandingkan dengan metode pada umumnya. Maka dari itu, metode lakban ini biasanya diterapkan kepada anak-anak.

10. Pembuka tutup toples

Kamu sering merasa kesal dengan tutup toples yang dipasang terlalu erat sehingga sulit untuk dibuka? Lakban bisa menjadi solusinya. Cukup dengan menempelkan lakban dan menyisakan lembaran sebagai pegangan, kamu bisa lebih terbantu saat hendak membuka tutup toples yang terkesan “mustahil” untuk dibuka.

11. Pelindung bayi

Kalau yang ini, hanya sekadar bercanda dan sebaiknya jangan kamu tiru ya! Tapi, kalau keadaan memaksa, trik ini juga bisa digunakan sih.

Itulah beberapa fungsi lakban yang mungkin belum pernah kamu pikirkan. Ternyata banyak banget yah fungsinya!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Idham Nur Indrajaya
Gak Punya Quote Nih!
0SHARES