Cosplayer Handal Ini Bisa Mengubah Dirinya Menjadi Karakter Apapun

12 Juli 2017
|Idham Nur Indrajaya
Kreatif
0SHARES

Budaya cosplay pada awalnya bermula dari tradisi pesta topeng yang berasal dari belahan dunia barat. Tradisi pesta topeng ini biasanya diadakan saat datangnya perayaan Hari Paskah atau Halloween. Pada paruh waktu 1960-an, tradisi ini dikembangkan oleh para penggemar cerita fiksi ilmiah di Amerika Serikat melalui konvensi fiksi ilmiah yang sering diadakan di sana. Para peserta dari konvensi ini biasanya akan mengenakan kostum-kostum dari para karakter yang terdapat pada film-film sains fiksi seperti Star Trek atau Star Wars.

Pada kisaran tahun 1970-an, tradisi pesta topeng ini mulai merambah ke belahan dunia timur, termasuk negeri Jepang yang diadakan dalam bentuk peragaan kostum. Di Jepang sendiri, istilah cosplay (di Jepang disebut: “kosupure”) merupakan istilah bahasa Inggris yang dibuat oleh Jepang dan merupakan gabungan dari kata “costume” dan “play”. Peragaan cosplay pertama kali diadakan di Jepang pada tahun 1978 dalam bentuk pesta topeng konvensi fiksi ilmiah seperti halnya yang berlaku di Amerika Serikat.

Sejak tahun 1980, kontes cosplay yang merupakan acara pertemuan bagi para penggemar fiksi ilmiah di Jepang pun mulai diadakan setiap tahunnya. Hal ini didukung pula oleh perkembangan manga (komik Jepang) yang banyak memuat karakter-karakter yang bersifat fantasi atau sains fiksi. Hingga saat ini, bukan hanya di Jepang saja, peminat cosplay pun jumlahnya cukup banyak yang tersebar di berbagai negara. Hanya saja, yang menjadi poros utama dari budaya cosplay ini tampaknya masih dipegang oleh negara-negara seperti Amerika Serikat dan Jepang yang menjadi tempat budaya ini berkembang dengan pesat.

Kemampuan para cosplayer pun teruji dari bagaimana mereka mendandani diri sedemikian rupa agar tampilan mereka dapat semirip mungkin dengan karakter yang ditiru. Alyson Tabbitha, adalah seorang seniman cosplay yang berasal dari Florida, Amerika Serikat, yang memiliki kemahiran luar biasa dalam meniru karakter yang akan dijadikan sebagai referensi cosplay. Kemampuannya dalam bidang ini memang sudah diakui oleh para cosplayer profesional di berbagai tempat karena dia sering melakukan tur independen untuk menunjukkan kebolehannya dalam bidang cosplay. Langsung aja yuk, kita kepoin karya-karyanya! Sumpah, mirip banget!

1. Meniru tokoh Lestat dalam Interview With The Vampire

2. Gila, bisa mirip banget sama Jack Sparrow! Sampai mukanya juga!

3. Karakter Edward dalam film Edward Scissorhands. Bikin kostumnya niat yak?

4. Kok mukanya bisa berubah drastis ya? Kalau ini niru Vincent dari Final Fantasy VII

6. Widowmaker dari game Overwatch.

7. Gaara dari serial Naruto juga bisa!

8. Percaya nggak kalau dua-duanya adalah Alyson yang tengah ber-cosplay?

9. Lightning dari Final Fantasy lagi. Bener-bener mirip kayak di dalam game-nya!

10. Female Titan dari Attack On Titan

11. Nah, ini pas lagi proses make-up Jack Sparrow nih

Cosplayer handal ini memang sangat perfeksionis sekali dalam membuat cosplay. Mulai dari kostum sampai make-up benar-benar ditata secara mendetail. Kira-kira mana yang paling mirip banget?


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Idham Nur Indrajaya
Gak Punya Quote Nih!
0SHARES