Cara Kreatif Menggunakan Kembali Tutup Botol Bekas Menjadi Barang Bernilai Seni

05 Juli 2017
|Idham Nur Indrajaya

Daur ulang dari benda-benda yang sudah tidak terpakai itu sangat dianjurkan dalam kehidupan kita. Populasi manusia yang kian meningkat otomatis akan membuat volume sampah rumah tangga semakin tinggi kuantitasnya. Apalagi saat ini banyak sekali produk-produk kebutuhan rumah tangga yang menghasilkan sampah yang sulit untuk diuraikan dalam waktu yang singkat. Jika begini terus, bisa-bisa bumi yang kita tempati akan didominasi oleh penumpukan sampah di mana-mana.

Masalahnya, sampah-sampah yang sulit terurai itu bila dibakar malah akan menimbulkan masalah baru, yakni polusi udara yang secara tidak langsung dapat memperparah pemanasan global yang kondisinya saat ini saja sudah sangat mengkhawatirkan. Makanya, ada baiknya jika kita mau meluangkan waktu dan berpikir secara kreatif untuk mendaur ulang sampah-sampah anorganik yang mungkin dapat dibuat menjadi benda lain.

Disebabkan oleh kondisi sampah yang kian membludak, ditambah lagi dengan kebutuhan untuk menginovasikan segala sesuatu menjadi komoditi yang menguntungkan, saat ini produk daur ulang pun banyak dijual di pasaran. Mungkin teman-teman pernah melihat produk-produk tas anyaman yang dibuat dari bungkus-bungkus kopi, atau buku tulis yang isinya merupakan kertas daur ulang. Selain bisa menjadi bisnis yang menjanjikan, kegiatan daur ulang ini dapat membantu mengurangi sampah yang perlahan-lahan dapat merusak ekosistem yang kita tinggali.

Maka dari itu, tidak ada salahnya jika kita membantu mengurangi volume sampah botol dengan kreasi daur ulang—minimal dari tutup botolnya saja dulu. Di bawah ini, kamu bisa melihat produk-produk kreatif daur ulang dari tutup botol bekas yang sudah tidak terpakai. Langsung aja yuk, kita kepoin!

1. Paku

Dengan hanya menempelkan paku payung pada tutup botol, kamu bisa mendapatkan paku yang terlihat unik. Apalagi jika di tutup botol itu kamu menyisipkan gambar-gambar sesuai selera kamu. Bisa juga jadi hiasan di dinding kan?

2. Hiasan berbentuk bunga

Kamu tinggal menempelkan kayu dengan bentuk rangka sesuka kamu, terus tempelkan deh tutup botolnya sesuai dengan keinginan kamu.

3. Menjadi bingkai untuk cermin

Mungkin bukan hanya untuk cermin saja. Kamu bisa pakai tutup botol untuk membuat bingkai poster, foto, dan sebagainya.

4. Hiasan berbentuk bendera

Dengan mengkombinasikan tutup botol dengan warna-warna tertentu, kamu bisa membuat hiasan bendera berbagai negara untuk ditempel di tembok kamar!

6. Tempat lilin

Mungkin durasi lilinnya nggak bakal terlalu lama, tapi lumayan lah buat daur ulang.

7. Keranjang pakaian

Hanya dengan meluangkan waktu untuk mencari tutup botol bekas, kamu bisa mengkreasikan tutup botol menjadi menyerupai keranjang.

8. Hiasan gantung

Kalau kamu ingin menimbulkan bunyi gemerincing, kamu harus menggunakan tutup dari botol beling. Tapi, kalau kamu ingin buat untuk sekadar hiasan gantung, tutup botol pun nggak masalah.

9. Hiasan magnet untuk di kulkas

Kalau yang ini, emang harus pake tutup dari botol beling. Kamu bisa juga menyisipkan foto di dalamnya seperti pada hiasan paku.

10. Taplak meja

Dengan ini, mejamu akan terlihat unik dengan hiasan dari tutup botol yang terhampar di atasnya!

11. Bisa jadi anting, gelang, atau kalung juga lho

Nah, bisa jadi segala macam aksesoris juga kan?

Itulah beberapa kreasi unik dari tutup botol bekas yang bisa dibuat menjadi berbagai hiasan. Semoga bisa menjadi referensi untuk berkarya yah!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Idham Nur Indrajaya
Gak Punya Quote Nih!
SHARES