Biar Gak Jadi Limbah, Inilah 12 Ide Kreatif dari Sampah Botol Plastik

01 September 2017
|Iswara Aji Pratama
0SHARES

Beberapa tahun terakhir, persoalan limbah plastik meminta perhatian khusus untuk segera ditangani. Banyak ekosistem yang telah hancur karena kita sebagai manusia gak bertanggung jawab dalam mengatur limbah jenis ini. Misalnya aja di laut, banyak ikan yang mati karena mengonsumsi plastik yang dibuang oleh manusia. Bukan hanya ikan aja, terumbu karang pun gak berkembang gara-gara limbah plastik banyak menempel di sisinya. Di darat, limbah plastik pun punya dampak buruk bagi tanah dan air. Plastik memerlukan waktu ratusan tahun buat diurai. Emang sih kita gak ngerasain dampaknya sekarang, tapi nanti generasi penerus, anak cucu kita yang bakal susah hidupnya karena tanah dan lautnya udah hancur. 

Oleh sebab itu, kalo kita gak bisa move on dari penggunaan plastik dari aktivitas sehari-hari, yaudah seenggaknya kita harus bisa memanfaatkan limbah tersebut untuk kepentingan yang lain, yang lebih berfaedah. Misalnya aja 12 ide kreatif yang udah YuKepo rangkum di bawah ini. Dengan begini, limbah botol plastik bisa dikurangi karena gak berserakan di tanah atau di laut. 

1. Daripada dibuang, mending botol plastiknya dipotong dan dijadiin tempat untuk tanaman hias kayak gini! Bikin rumah jadi sejuk

2. Nah buat yang doyan naik sepeda, kamu bisa pakai botol plastik buat menutupi handphone-mu biar gak kehujanan

3. Buat kamu yang punya kolesterol atau lagi diet, kamu bisa pakai botol plastik buat memisahkan kuning dan putih telur tuh

4. Biar air keran gak muncrat dan basahin pakaianmu, mending pakai botol plastik agar aliran airnya lebih terarah

6. Nah biar cipratan air gak mengotori bajumu ketika bersepeda, pake botol plastik sebagai penutup ban sepedamu

7. Botol plastik pun bisa dipakai sebagai wadah untuk menaruh spons cuci piring biar lebih rapi

8. Karena struktur botol plastik itu bulat dan ada ruang di dalamnya, kamu pun bisa menggunakannya untuk dijadikan speaker handphone biar makin keras suaranya

9. Untuk botol plastik yang berukuran besar, kamu bisa gunakan sebagai keranjang untuk meletakkan perabotan kecil seperti mainan anak-anak

10. Biar gak ribet pakai karet, nih cobain deh cara menutup plastik dengan menggunakan tutup botol

11. Daripada hp kamu keinjek pas lagi di-charge karena ditaruh di bawah, lebih baik pakai botol plastik untuk tempat menaruh HP ketika di-charge

12. Kamu gak perlu ribet menyiram tanaman kalau menggunakan botol plastik di bagian ujung selang airnya, jadi lebih efektif dan efisien

Kalau kita peduli akan lingkungan, semua hal yang pada dasarnya adalah sampah bisa jadi sesuatu yang lebih berfaedah. Dengan memanfaatkan limbah botol plastik kayak gini, aktivitas sehari-harimu pun bakal lebih praktis, 'kan?


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Iswara Aji Pratama
Gak Punya Quote Nih!
0SHARES