Berbagai Macam Karya Seni Menakjubkan Ini Seakan-akan Melawan Hukum Fisika!

digitalsynopsis.com

Seni memang dibuat sedemikian rupa untuk menarik perhatian orang, khususnya di era perkembangan estetis seni yang lebih menekankan eksplorasi bentuk. Semakin seni itu bisa menarik perhatian orang, akan semakin tinggi pula kemungkinan karya seni itu untuk diklaim sebagai karya seni yang indah.

Untuk menarik perhatian orang, seni terkadang memang harus keluar dari batas logika orang-orang pada umumnya. Hal itu menunjukkan bahwa seni dapat ditampilkan, baik secara rasional maupun irasional. Di era yang sudah melampaui zaman modern ini, rasionalitas memang tidak lagi dijunjung tinggi dalam segala bidang, khususnya dalam seni. Meskipun begitu, bukan berarti seni itu akhirnya bertolak belakang dengan kehidupan ini. Justru irasionalitas dalam seni itu menunjukkan bahwa tidak semua hal di dunia ini dapat dicermati dengan rasio.

Untuk membantah logika yang berlaku di masyarakat, tidak berarti akhirnya seni dilakukan secara serampangan. Pembantahan terhadap logika pun tetap membutuhkan model berpikir yang tetap terstruktur. Misalnya, jika ada suatu karya seni yang hendak melawan hukum fisika dalam tampilannya, tentu pemahaman terhadap hukum fisika itu sangat dibutuhkan. Sama seperti halnya saat kita hendak membantah tradisi ortodoks yang sudah tidak lagi sesuai dengan konteks yang ada pada zaman sekarang. Tentunya diperlukan pemahaman yang mendalam terhadap tradisi itu sendiri sebelum akhirnya kita bisa memberi penilaian atau merekonstruksi tradisi tersebut.

Dengan adanya suatu pembantahan terhadap aturan yang sewajarnya dikenal oleh masyarakat, karya seni akhirnya dapat membedakan dirinya dari karya-karya lain dan dapat membuat orang-orang tergugah dengan rasa penasaran yang menggebu-gebu. Di zaman yang segalanya sudah bukan lagi merupakan kebaruan, tentunya memang diperlukan unsur keunikan dalam karya yang hendak kita pamerkan kepada masyarakat.

Di bawah ini, kamu bisa melihat foto-foto yang memperlihatkan karya-karya seni 3D yang dibuat seakan-akan dapat melawan hukum fisika. Untuk membuat karya semacam ini, para senimannya tentu harus mempelajari hukum fisika secara mendalam sehingga mereka bisa mengukur secara tepat saat membuat struktur karyanya dan hasilnya pun terlihat seperti sebuah karya yang ajaib. Langsung aja yuk, kita kepoin!

1. Batu terbang di Bandara Kairo

id.pinterest.com

Patung batu yang memperlihatkan seakan-akan batu di bawah sedang menahan batu lainnya dengan tli agar tidak terbang ini dibuat oleh seorang seniman bernama Smaban Abbas.

2. Gajah melayang

www.creativeboom.com

Patung gajah melayang ini diberi nama “Nasutamanus”. Dengan perhitungan yang presisi, seorang seniman asal Perancis bernama Daniel Firman berhasil membuat karya yang menakjubkan seperti ini.

3. Bersandar di udara

www.thisiscolossal.com

Emil Alzamora adalah seorang pematung yang seringkali mengeksplorasi bentuk tubuh manusia yang mengalami distorsi. Patung pada foto di atas menunjukkan kepiawaian Alzamora dengan patung yang seakan-akan tengah bersandar di udara.

4. Patung “Force of Nature”
www.thisiscolossal.com

Setelah menyaksikan banyak bencana alam yang terjadi di berbagai negara, seorang pematung asal Italia bernama Lorenzo Quinn menggarap patung berjudul “Force of Nature” yang menggambarkan bahwa ada kekuatan semesta yang lebih kuat dari manusia. Patung ini disimpan di berbagai negara untuk mengingatkan hal tersebut.

5. Boks kayu yang menggantung.
collection.stormking.org

Patung berbentuk boks kayu ini seakan-akan mustahil untuk bisa berdiri dengan struktur seperti yang terlihat pada gambar. Patung ini dibuat oleh seniman asal Israel bernama Menashe Kadishman.

6. “No Parking Space”

www.pixoto.com

Patung yang dalam bahasa Indonesianya diberi nama “Tidak Ada Tempat Parkir” ini dibuat oleh Alex Chinneck dalam rangka mengungkapkan gagasannya mengenai volume kendaraan yang semakin padat.

7. Meja “Cattelan”

www.pixoto.com

Maurizio Cattelan adalah seorang seniman asal Italia yang memproduksi benda-benda furnitur untuk dijual. Meja pada foto di atas merupakan salah satu karyanya yang epik karena terlihat seperti melawan hukum logika.

 

8. Rumah yang melayang

www.estuaire.info

Meskipun bukan berupa struktur rumah yang utuh, karya seni di atas terlihat menakjubkan karena terlihat bisa melawan hukum gravitasi. Karya ini dibuat oleh Leandro Elrich.

9. Patung pasir

theoldreader.com

Jika dilihat sekilas, kita akan berpikir bahwa patung pasir pada foto di atas itu terlihat sangat menakjubkan karena pasirnya yang tidak berjatuhan ke bawah. Patung ini dibuat oleh seorang pria dari Massachusetts, Amerika Serikat, yang dikenal dengan nama panggilan “Sandcastle Matt”.

10. Patung legenda rugby

digitalsynopsis.com

Patung yang terletak di Selandia Baru ini merupakan replika dari pemain rugby bernama Michael Jones yang dibuat oleh Natalie Stamilla.

11. “Planet”

www.juxtapoz.com

Karya berjudul “Planet” pada foto di atas memperlihatkan patung bayi yang hanya menahan beban tubuhnya dengan satu tangan. Patung tersebut dibuat oleh Marc Quinn.

12. “Lucky Country”

www.perthnow.com.au

Instalasi seni yang terletak di Pantai Cottesloe, Australia, ini dibuat oleh Norton Flavel.

13. Patung seorang anak bersama lumba-lumba

hinterlandblog.wordpress.com

Patung fantastis dengan pengaturan keseimbangan yang rumit ini dibuat oleh David Wynne.

Keren-keren kan instalasi seni pada foto-foto di atas? Butuh ketekunan dan kesabaran yang tinggi untuk melakukan perhitungan-perhitungan agar karya-karya di atas terlihat menjadi magis.

0%
Marah
100%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Terlihat Seperti Sungguhan, Siapa Sangka Ikan-ikan Ini Hanyalah Sebuah Lukisan 3D

Terlihat Seperti Sungguhan, Siapa Sangka Ikan-ikan Ini Hanyalah Sebuah Lukisan 3D

Bagaimana Jadinya Kalau Princess Disney Disulap Jadi Karakter Anime?

Bagaimana Jadinya Kalau Princess Disney Disulap Jadi Karakter Anime?

Keren! Benda-benda Ini Dibuat dengan Menggunakan Teknologi Printing 3D!

Keren! Benda-benda Ini Dibuat dengan Menggunakan Teknologi Printing 3D!

7 Kreasi Furniture Kreatif dari Kayu Bekas yang Bisa Dibuat Sendiri di Rumah

7 Kreasi Furniture Kreatif dari Kayu Bekas yang Bisa Dibuat Sendiri di Rumah

Berbagai Bentuk Perman Kapas Lucu. Warna-warni yang Menggemaskan!

Berbagai Bentuk Perman Kapas Lucu. Warna-warni yang Menggemaskan!

Cosplayer Handal Ini Bisa Mengubah Dirinya Menjadi Karakter Apapun

Cosplayer Handal Ini Bisa Mengubah Dirinya Menjadi Karakter Apapun

loading