7 Ukiran Kayu yang Keren-keren Ini Terbuat dari Satu Pohon Utuh

29 Juni 2017
|Idham Nur Indrajaya
0SHARES

Beberapa waktu silam atau bahkan sampai sekarang, berbagai handicraft yang terbuat dari kayu sempat menjadi tren di masyarakat. Mulai dari gelang kayu, cincin kayu, bahkan kacamata kayu tiba-tiba banyak dicari oleh orang-orang. Seni ukir kayu ini memang sangat sulit pembuatannya. Kayu yang dipilih pun harus kayu berkualitas tinggi yang tidak mudah rusak. Di bawah ini, temen-temen bisa melihat beberapa karya ukiran kayu berukuran raksasa yang terbuat dari satu pohon! Modalnya besar juga pasti tuh. Langsung aja yuk, kita kepoin!

1. Ukiran pedesaan dari kayu

Seni ukir kayu ini dibuat oleh seniman asal Cina bernama Zheng Chunhui. Panjang ukiran kayu yang dibuatnya mencapai 13 meter loh! Waktu yang dihabiskan oleh Chunhui pun tidak singkat, yakni empat tahun. Ukiran yang dibuatnya menampilkan miniatur dari sebuah ekosistem yang ditinggali manusia, yang di dalamnya terdapat pedesaan, pepohonan, sungai, jembatan, awan, dan miniatur 550 manusia.

2. Tangga Spiral

Di dalam Kastil Lednice yang terletak di Republik Cheko terdapat sebuah tangga spiral yang merupakan hasil ukiran dari satu pohon. Bayangkan saja, jika ada kesalahan saat mengukirnya, tangga ini bisa roboh dan tentunya orang yang membuatnya harus menebang satu pohon lagi.

3. Patung Buddha terbesar yang terbuat dari kayu

Kuil Lama yang terletak di Beijing menyimpan satu patung Buddha terbesar yang dibuat dari satu pohon raksasa. Patung setinggi 18 meter ini sudah ada sejak zaman Dinasti Qing.

4. Totem di Museum Royal Ontario

Totem raksasa ini masuk ke museum pada tahun 1920. Meskipun begitu, disebabkan oleh ukurannya yang sangat besar, totem ini baru bisa dipajang pada saat museum sudah memperlebar bangunannya pada tahun 1933. Totem ini adalah totem tertinggi pada abad 19 dengan tinggi mencapai 24,5 meter.

5. Patung singa dari kayu

Seorang pematung bernama Dengding Rui Yao yang berasal dari Myanmar membutuhkan waktu tiga tahun untuk menyelesaikan mahakaryanya ini. Dia menggunakan bantuan dari 20 asisten dalam pekerjaannya. Saat ini, patung ini dipajang di Tiongkok, tepatnya Fortune Plaza Time Square yang terletak di Wuhan.

6. 511 tang kayu yang saling terhubung satu sama lain

Ernest “Mooney” Warther adalah seniman dari Ohio yang diakui sebagai salah satu pengukir kayu yang ngetop di Amerika. Keahlian yang dipelajarinya sejak kecil adalah membuat tang yang terbuat dari kayu. Dia pun terinspirasi untuk membuat replika pohon tanpa daun dengan menyambung-nyambungkan 511 tang kayu yang berasal dari pohon yang sama.

7. Dewa perang

Aset budaya yang berusia lebih dari 1.000 tahun ini merupakan replika dari Dewa Perang, yakni Bishamonten, yang diyakini keberadaannya oleh masyarakat Jepang kuno.

Gimana? Keren-keren kan karya-karya ukiran kayu di atas? Dalam pengerjaannya, tentunya pengukiran-pengukiran kayu di atas ini membutuhkan waktu dan tenaga yang tidak sedikit. Untuk itu, karya-karya di atas perlu diapresiasi dan dipertahankan sebagai aset budaya yang tak ternilai.  


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
100 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Idham Nur Indrajaya
Gak Punya Quote Nih!
0SHARES