11 Foto Ini Jadi Bukti Kalo Media Sosial Itu Penuh dengan Kebohongan!

12 April 2018
|Iswara Aji Pratama
0SHARES

Foto bisa menerangkan apa yang tidak bisa dijelaskan oleh kata-kata. Misalnya aja ketika kamu berbicara mengenai laut, kata-kata yang keluar mengenai laut itu masih abstrak dan susah untuk langsung dibayangkan oleh si pendengar. Beda halnya ketika kamu berbicara mengenai laut dengan menggunakan foto sebagai medianya. Orang yang melihat gambar tersebut bakal merasakan seperti apa suasana yang ada di dalam gambar tersebut.

Dengan kemampuannya yang demikian, foto seringkali dijadikan sebagai alat untuk memengaruhi opini publik. Jadi, foto itu dipotong sedemikian rupa sehingga menimbulkan kesan bahwa objek yang ada di foto itu salah, misalnya. Kalau foto macem begitu cuma punya satu makna, yakni kepentingan dari si pembuat foto. Nah, kita sebagai orang yang melihat potongan foto tersebut otomatis percaya dong dengan gambaran yang diberikan. Kalau udah begitu, ya kembali lagi kepada kita untuk bersikap kritis terhadap gambar-gambar yang kita konsumsi dalam media sosial. Biar kita tau apakah gambar itu benar atau salah dalam mewakili sebuah kenyataan, YuKepo udah ngerangkum beberapa foto yang bisa dijadikan bahan latihan agar kamu bersikap kritis. Sebelas foto di bawah ini jadi bukti kalo sebuah sudut pandang atau angle dalam foto itu bisa dimanipulasi demi kepentingan si pemilik foto. Cekidot!

1. Kata siapa nih cowok bisa main basket? Gayanya doang selangit, padahal mah gak punya skill

2. Foto lewat youtube pun bisa dimanipulasi biar dibilang punya duit buat nonton konser, haduh pembohong

3. Biar dibilang apa sih foto minuman kayak gini? Udah gitu minumannya kecil banget pula kayak botol minyak angin

4. Biar gak disangka jomblo, beli tongsis model kayak gini bisa dicoba! Tapi kalo ketauan bohong, rasakan sendiri akibatnya
5. Buat kamu yang jomblo, jangan ngiri kalo temen kamu unggah foto romantis di media sosial. Bisa aja dia cuma foto kayak gini nih

7. Kamu pun jangan iri kalo ada temen unggah foto kuncil mobil mercedes kayak gini, bisa aja itu cuma flashdisk yang berbentuk kunci mobil

8. Jangan iri kalo liat temen pergi liburan melulu, siapa yang tau kalo foto yang diunggah itu tipuan semata

9. Biar dibilang anak seni, banyak orang yang foto kayak gini di depan lukisan terkenal! Padahal, kenyataannya cuma foto di depan layar komputer
10. Ah, emang foto liburan tuh paling bisa bikin kita iri! Tapi sayangnya, sebagian besar apa yang kita liat itu cuma tipuan kayak gini

11. Yaelah punya mobil mainan aja dipamerin segala, nanti kalo ketauan bohong bakal dikatain seumur hidup nih orang

Yap! Di zaman yang serba digital ini dan ketika hoax mulai bertebaran di mana-mana, kayaknya kamu perlu belajar untuk mengkritisi segala hal yang kamu konsumsi. Dalam kasus foto, kamu bisa aja ditipu karena kamu gak tau situasi sebenarnya yang ada di dalam foto. Maka dari itu, yuk belajar untuk menunda makna sehingga kita bisa terbebas dari prasangka.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Iswara Aji Pratama
Gak Punya Quote Nih!
0SHARES