10 Seni Ilusi Anamorphic Karya Felice Varini Ini Bakal Bikin Kamu Terpukau

04 Agustus 2017
|Reza Pratama

Seni ilusi optik memang kerap kali menipu indra penglihatan kita. Maka tak heran banyak orang terkagum-kagum dengan karya seni yang menggunakan teknik ilusi optik. Tak hanya penglihatan saja, ilusi optik juga menipu pikiran kita dengan apa yang kita lihat. Pikiran memang menjadi komponen paling penting di tubuh manusia. Karena kelima indra kita tak aka berfungsi jika otak atau pikiran tidak bekerja dengan baik. Dengan melihat seni ilusi optik, otak atau pikiran sering kali salah mengartikan maksud dari sebuah gambar tersebut. Namun jika diperhatikan dan dilihat dari sudut yang berbeda, maka hal yang sesungguhnya akan terlihat.

Teknik inilah yang digunakan oleh seniman asal Swiss bernama Felice Varini. Ia berhasil membuat sebuah karya fantastis dengan menggunakan teknik ilusi Anamorphic. Seni Anamorphic sendiri merupakan istilah yang menggambarkan sebuah karya seni yang terlihat sempurna jika dipandang dari sudut yang tepat. Anamorphic merupakan salah satu seni ilusi optik yang bisa mengelabui pikiran dan otak kita. Salah satu contohnya adalah pada gambar gelas gelas di kertas akan terlihat begitu nyata jika dilihat dengan sudut pandang yang tepat. Namun jika dilihat dari arah yang berbeda, maka gambar tersebut terlihat biasa saja.

Nah, seni inilah yang diterapkan Felice Varini pada sebuah karyanya. Bukan menggambar pada sebuah kaertas atau kanvas, Varini berhasil menciptakan sebuah karya seni Anamorphic yang sangat menakjubkan. Ia menggunakan imajinasinya dengan mengecat beberapa sudut ruangan dengan menggunakan teknik ilusi Anamorphia. Karyanya mungkin terlihat tak beraturan dan berantakan, namun jika dilihat pada sudut yang tepat, maka hasilnya akan terlihat sungguh brilian. Nah, daripada penasaran dengan seni ilusi Anamorphia karya Felice varini, yuk langsung aja kita lihat.

1. Lingkaran acak yang terlihat sempurna

2. Terlihat rapi dari depan, namun jika dilihat dari sudut berbeda terlihat tak beraturan

3. Seni ini tidak akan indah jika dilihat dari sudut yang salah

4. Membutuhkan ketepatan dalam menempelkan pola agar tellihat sempurna
5. Terlihat seperti pintu transparan

6. Terlihat seperti editan photoshop

7. Pola abstrak yang terlihat indah di sebuah ruangan

8. Lingkaran sempurna jika dilihat dari depan

9. Terlihat seperti nyata namun, hanya ilusi optik

10. Walaupun desainnya simple namun memukau

Itulah seni ilusi Anamorphic yang diaplikasikan pada beberapa sudut ruangan. Terlihat menakjubkan bukan? Walaupun terlihat mudah, namun butuh yang namanya imajinasi serta perhitungan yang matang, agar lokasi pengecatan sesuai dengan apa yang ada di sketsa. Sedikit saja salah mengecat titik yang sudah ditentukan, maka hasilnya tidak akan terlihat sempurna.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Reza Pratama
"Drangan Trakioiot"
SHARES