10 Model Taman Vertikal yang Bisa Kamu Bikin Sendiri di Rumah

18 Juli 2017
|Iswara Aji Pratama
0SHARES

Pada saat ini, mayoritas rumah hanya memiliki tanah yang terbatas. Maklumlah ya, harga tanah sekarang mahal. Apalagi di kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung, atau Bogor, satu meter tanah bisa seharga satu buah motor. Oleh sebab itu, bermunculanlah proyek-proyek perumahan yang memberikan alternatif bagi siapapun untuk memiliki rumah di kota besar. Akan tetapi, luas tanah yang ditawarkan oleh perumahan itu biasanya sangat sedikit alias sempit. Alhasil, kamu gak punya ruang untuk membuat taman di rumah. Padahal di kota besar, di mana polusi udara telah memasuki kawasan permukiman, hadirnya tanaman itu sangat dibutuhkan untuk menyaring udara kotor. 

Namun demikian, kamu gak perlu khawatir lagi. Selagi masih ada niat, kamu masih bisa kok untuk membuat taman di dalam rumahmu yang sempit kayak pos satpam. Kamu bisa menggunakan kreativitasmu untuk mendesain taman dengan bentuk vertikal. Apa itu vertikal? Jadi taman yang dibuat akan menggunakan dinding rumah sebagai tempat untuk berpijaknya. Ya kalo bahasa awamnya, semacam tanaman gantung. Di bawah ini YuKepo udah merangkum beberapa ide kreatif untuk taman vertikal yang bisa kamu buat di rumah. Peralatan yang dibutuhkan gak ribet kok, jadi siapapun bisa mempraktikkannya di rumah!

1. Kamu cuma perlu membeli kayu, besi, dan toples untuk bikin tanaman gantung kayak gini! Selain menyaring udara kotor, rumahmu pun bakal jadi lebih asri dan unik

2. Coba deh buat kayu dengan bentuk bertingkat seperti ini, dijamin rumahmu bakal lebih fresh dan tentunya semakin indah!

3. Kalo kamu lebih suka dengan bentuk pot, yaudah coba bikin pot yang bertingkat kayak gini! Gak makan banyak tempat

4. Kalo kamu jenuh dengan pot bunga, yaudah beli hebel atau batako aja! Terus isi dengan tanah dan bibit tanaman deh

6. Kalo kamu suka dengan desain taman vertikal yang agak rumit, desain yang ini bisa kamu coba! Bentuknya seperti piramida

7. Kamu bisa pakai kayu bekas telur untuk dijadikan wadah bagi tanaman gantung di dindingmu kayak gini

8. Kalo mau lebih simple dan gak keluar banyak uang, yaudah cari batok kelapa aja! Selain hemat, batok kelapa juga terlihat unik

9. Gak cuma batok kelapa, botol bekas minuman soft drink pun bisa kamu berdayakan untuk menjadi wadah tanaman! Hitung-hitung mengurangi pencemaran limbah plastik nih

10. Nah kalo yang ini sih udah tingkat profesional taman vertikalnya! Lebat yah tanamannya, bisa jadi tempat untuk ular bersarang tuh

Keterbatasan lahan bukan menjadi hambatan untuk menjaga kesehatanmu. Kamu mesti ingat, kita hidup di waktu udara udah gak layak lagi untuk dikonsumsi. Oleh sebab itu, kehadiran tanaman di dalam rumah punya peran yang sangat penting dalam menanggulanginya. Selamat berkebun, ya!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Iswara Aji Pratama
Gak Punya Quote Nih!
0SHARES