10 Gambar Ilusi Optik Karya J Desenhos yang Menakjubkan Ini Mampu Mengecoh Matamu

08 September 2017
|Fatwah Diniaty
4SHARES

Seiring perkembangan zaman, manusia mulai menciptakan sesuatu yang baru di dalam hidupnya. Baik itu dalam hal teknologi maupun karya seni, inovasi-inovasi tersebut senantiasa muncul dalam pemikiran manusia yang dikemas menjadi ide-ide inovatif sehingga dapat diwujudkan dalam bentuk nyata. Begitupun dengan sebuah karya seni, karya seni senantiasa berubah dari masa ke masa, tergantung kapan dan di mana karya seni tersebut lahir.

Pada kenyataannya, kemajuan teknologi membuat manusia semakin kreatif dalam melahirkan sebuah karya seni. Satu di antaranya adalah seni menggambar atau melukis. Jika pada abad pertengahan sering ditemukan lukisan-lukisan beraliran Gotik seperti karya Albert Durer atau Mathias Grunnewald, maka berbeda pula jika kita lihat lukisan-lukisan pada masa kini. Jika kita cermati, lukisan-lukisan pada masa kini lebih bervariasi lagi, munculnya aliran surialis, pop art, atau ilusi optik menambah daya tarik dari sebuah karya seni.

Nah, berbicara tentang lukisan atau gambar bertemakan ilusi optik, YuKepo mau ngenalin seorang seniman berbakat yang mampu membuat sebuah lukisan indah namun dapat mengecoh mata kita. Yaps, namanya Joao A. Carvalho alias J Desenhos, yang merupakan seorang pelukis terkenal yang menuangkan tintanya dalam selembar kertas biasa (HVS). Percaya atau tidak, kertas tersebut dapat menjadi gambar yang bernilai sangat tinggi dan memiliki nilai artistik yang sangat indah.

Joao mulai menggambar karya ilusi optik saat berusia 15 tahun, dan kini untuk mempublikasikan karya-karyanya, Joao memiliki sebuah komunitas di Facebook yang diberi nama “nas linhas do cademo” atau jika diterjemahkan menjadi “Buku Bergaris”. Penasaran seperti apa karya seni yang terlahir melalui tangannya! Langsung aja yuk kita liat keindahan gambar tanpa melewati garis dari seorang seniman bernama Joao A. Carvalho ini.

1. Kaleng minuman yang penuh lilitan

2. Tangan yang memegang apel merah

3. Ular yang melewati garis-garis pada buku

5. Minion yang menggemaskan

6. Gambar gedung-gedung yang menjulang

9. Planet dalam sebuah kertas

10. Proses pembuatan gambar-gambarnya yang mampu menipu mata

Itulah gambar-gambar ilusi optik karya dari Joao. Karya-karyanya ini dibuat seperti dalam sebuah buku bergaris. Matamu pasti sempat terkecoh, dan kamu pun pasti bertanya-tanya bagaimana dia membuatnya? Daripada bingung mikirinnya, mending kamu coba deh membuat gambar-gambar di buku tulisanmu. Siapa tahu kamu bisa buat gambar ilusi optik yang menakjubkan.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Fatwah Diniaty
Gak Punya Quote Nih!
4SHARES