Yuk Intip Pasar Triwindu di Solo yang Bikin Pengunjungnya Nostalgia

28 Juli 2017
|Romlah Sundari
77SHARES

Pasar-pasar di Indonesia memang banyak yang memiliki keunikan. Pasar-pasar tradisional di Indonesia memuat tidak hanya keunikan masyarakat kita, namun juga warna kehidupan masyarakat kita. Tidak heran jika wisata ke pasar-pasar tradisional menjadi wisata yang diminati oleh turis asing. Karena dengan melihat pasar tradisional, mereka juga dapat melihat interaksi antar manusia yang sebenar-benarnya, sejujur-jujurnya.

Meski kamu bukan turis asing yang akan terkesima melihat interaksi warga pasar, namun wisata ke pasar tradisional tetap dapat menjadi hal yang menyenangkan. Kamu dapat menemukan hal-hal unik saat berwisata di pasar. Apalagi jika kamu memang berwisata ke pasar tradisional yang tematik, seperti Pasar Triwindu di Solo, Jawa Tengah. Pasar yang satu ini sungguh unik karena barang yang dijajakan bukanlah makanan atau pakaian seperti yang banyak ditemukan di pasar tradisional pada umumnya. Di Pasar Triwindu, komoditi dagangannya justru berupa kenangan.

Ya, pasar satu ini menjual berbagai barang antik. Awalnya, Pasar Triwindu didirikan pada tahun 1939 untuk memperingati 24 tahun masa pemerintahan Raja Mangkunegaran VII di Solo. Nama Triwindu diambil karena sesuai dengan jumlah tahun yang sudah dijalani oleh Raja Mangkunegaran VII. Pada awalnya, pasar ini seperti layaknya pasar tradisional biasa, menjajakan berbagai kebutuhan sehari-hari. Akan tetapi pada tahun 1960, Pasar Triwindu justru dikenal sebagai tempat untuk menjual dan membeli berbagai barang bekas. Namun seiring berjalannya waktu, Pasar Triwindu ini menjadi tidak terawat dan tidak banyak dikunjungi oleh masyarakat Solo maupun wisatawan.

Pada tahun 2008, di bawah perintah Joko Widodo selaku Wali Kota Solo, Pasar Triwindu direvitalisasi. Tidak hanya dirapihkan, bangunan Pasar Triwindu direnovasi dan ditata kembali sehingga menjadi lebih bersih, nyaman, dan cocok untuk wisatawan. Nah, penasaran dengan penampilan Pasar Triwindu yang kini menjadi pasar barang antik paling populer di Indonesia? Cek foto-foto berikut, ya!

1. Lorong di Pasar Triwindu dipenuhi dengan berbagai barang antik

2. Di pasar ini, kamu dapat menemukan barang-barang unik yang kini sudah tidak ada

3. Tidak hanya barang antik, Pasar Triwindu juga menjual barang produksi baru yang bernuansa kuno

4. Cangkir-cangkir cantik ini mengingatkan kita akan kenangan saat bertamu ke rumah nenek

5. Bukan hanya barang antik, Pasar Triwindu juga menjual barang-barang tradisional yang unik
6. Kamu juga dapat menemukan berbagai barang bekas yang unik

7. Berjalan-jalan di Pasar Triwindu membuatmu merasa seperti menaiki mesin waktu dan kembali ke masa lalu

8. Masih ingat dengan radio manual ini? Kamu dapat menemukannya di pasar unik ini!

9. Hati-hati, Pasar Triwindu dapat membuatmu baper karena nostalgia!

Pasar Triwindu terletak di Jalan Gatot Subroto, kawasan Ngarsopuro, Kelurahan Keprabon, Kecamatan Banjarsari, Solo, Jawa Tengah. Tepatnya, pasar unik ini terletak di seberang Istana Mangkunegara. Jika kamu hendak bertandang ke sana, jangan lupa untuk membawa serta kamera ya, karena pasar ini terlalu menarik untuk dilewatkan tanpa dokumentasi. Selamat berlibur!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Romlah Sundari
Gak Punya Quote Nih!
77SHARES