Wow! Lebih Tua dari Dinosaurus, Ikan Purba Ini Ditemukan di Laut Indonesia

24 Juli 2017
|Venanda

Sempat dikira punah, ikan purba Coelacanth ditemukan di laut Indonesia. Ikan yang sering disebut dengan Ikan Raja Laut ini diperkirakan muncul di bumi sekitar 400 juta tahun yang lalu. Dibandingkan Dinosaurus yang muncul 230 juta tahun hingga 65 juta tahun yang lalu, ikan Coelacanth yang bernama latin Latimeria menadoensis sudah ada lebih dahulu. Wow!

Sampai saat ini hanya ada dua spesies ikan Coelacanth yang bertahan di dunia ini. Jenis lainnya yang berjumlah sekitar 120 spesies sudah dinyatakan punah dan hanya ditemukan fosilnya saja. Spesies lainnya dari ikan purba ini ditemukan di daerah Afrika Selatan pada tahun 1938. Saat itu, ikan ini ditemukan di laut dalam bagian timur Afrika. Peneliti memberinya nama Latimeria chalumnae.  

Ikan Coelancanth diperkirakan sudah hidup sejak Zaman Devonian atau disebut dengan Zaman Ikan yang berlangsung sekitar 400 juta tahun silam. Di masa ini ikan akan mengalami perkembangan yang cepat dan diduga Ikan Raja Laut ini merupakan mata rantai yang menghubungkan proses transisi dari ikan ke organisme bertungkai empat yang hidup di darat atau disebut tetrapoda.

Ikan purba ini adalah jenis ikan yang memiliki paru-paru dan dipercaya sebagai nenek moyang tetrapoda. Habitatnya yang berada di laut dalam sekitar 700 meter dibawah permukaan laut memang membuatnya sulit ditemukan. Namun terkadang ikan ini berenang ke atas di sekitar kedalaman 200 meter. 

Meskipun tinggal terpisah, ikan Coelacanth di perairan Afrika dan Indonesia memiliki ciri-ciri yang sama. Kedua ikan ini sama-sama memiliki sisik yang terlihat seperti batu, ekor berbentuk kipas, dan mata yang besar. Ikan ini juga memiliki panjang dan berat yang sama, yaitu sekitar 2 meter dan berat 80-100 kg. Perbedaan di kedua ikan ini hanyalah pada warna kulitnya. Ikan Latimeria menadoensis berwarna coklat sedangkan Latimeria chalumnae memiliki warna biru baja. Diperkirakan mereka terpisah karena adanya pergerakan lempeng benua.

Perairan Indonesia memang memiliki satwa yang beraneka ragam. Berbagai jenis hewan laut ada di laut Indonesia. Bahkan ikan purba pun ada disini. Sebagai rakyat Indonesia, kita merasa bangga karena kekayaan hayati yang ada di Indonesia sangat beragam. Jadi, seharusnya kita ikut membantu pelestarian hewan yang dilindungi ini agar tidak punah. 


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Venanda
"Keep moving forward"
SHARES